Peningkatan PerawatanEngine Konvensional Kijang 5k Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa SMK

  • Yuliawan Hutabara Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Yohanes Sarsetyono Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang
  • Nuraedhi Apriyanto Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peningkatan perawatan sistem engine pada mesin mobil konvensional dengan metode Problem Base Learningmelalui media engine stand kijang 5k oleh guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyampaian materi dan observasi .Analisis dalam penelian ini menggunakan deskriptif kuantitatif untuk memaparkan hasil nilai yang di peroleh siswa dan kualitatif untuk memaparkan lembar observasi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 44% menjadi 86%.Hasilnya dapat di simpulkan bahwa penggunaan metode penyampaian materi dan praktek dengan media engine stand kijang 5 k dapat meningkatkan hasil belajar pemeliharaan mesin mobil konvensional kijang 5k siswa kelas XI TKRO 1 SMK ASTRINDO KOTA TEGAL.


Kata kunci :Peningkatan kompetensi, perawatan engine, problem based learning

References

amdi, 2007,Kurikulum dan Pembelajaran Bumi Aksara. Jakarta

Arikunto, 2014 Prosedur Penelitian Rineka Cipta. Jakarta

Amir, M.Taufiq, 2010.Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana. Jakarta.

Sugiyono, 2008.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

M.Ngalim, 2004 Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosda karya. Bandung.

Supardi, 2016 Statistik Penelitian Pendidikan Rajawali press. Jakarta

Syah, 2004 Psikologi Belajar Rajawali press, Jakarta

Sudjana, 1989 Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar CV. Sinar Baru. Bandung

Arikunto, 2014 Prosedur Penelitian Rineka Cipta. Jakarta

Suparno, 2015 Pendidikan Karakter di Sekolah Kanisius.jakarta
Published
2020-02-13
How to Cite
HUTABARA, Yuliawan; SARSETYONO, Yohanes; APRIYANTO, Nuraedhi. Peningkatan PerawatanEngine Konvensional Kijang 5k Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa SMK. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 68-73, feb. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1095>. Date accessed: 04 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.