Peningkatan PerawatanEngine Konvensional Kijang 5k Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peningkatan perawatan sistem engine pada mesin mobil konvensional dengan metode Problem Base Learningmelalui media engine stand kijang 5k oleh guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyampaian materi dan observasi .Analisis dalam penelian ini menggunakan deskriptif kuantitatif untuk memaparkan hasil nilai yang di peroleh siswa dan kualitatif untuk memaparkan lembar observasi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 44% menjadi 86%.Hasilnya dapat di simpulkan bahwa penggunaan metode penyampaian materi dan praktek dengan media engine stand kijang 5 k dapat meningkatkan hasil belajar pemeliharaan mesin mobil konvensional kijang 5k siswa kelas XI TKRO 1 SMK ASTRINDO KOTA TEGAL.
Kata kunci :Peningkatan kompetensi, perawatan engine, problem based learning
References
Arikunto, 2014 Prosedur Penelitian Rineka Cipta. Jakarta
Amir, M.Taufiq, 2010.Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana. Jakarta.
Sugiyono, 2008.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
M.Ngalim, 2004 Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosda karya. Bandung.
Supardi, 2016 Statistik Penelitian Pendidikan Rajawali press. Jakarta
Syah, 2004 Psikologi Belajar Rajawali press, Jakarta
Sudjana, 1989 Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar CV. Sinar Baru. Bandung
Arikunto, 2014 Prosedur Penelitian Rineka Cipta. Jakarta
Suparno, 2015 Pendidikan Karakter di Sekolah Kanisius.jakarta