PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM MOTOR STATER SISWA
Abstract
AHMAD BAIDHOWI. “ Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual dan Minat terhadap Belajar Hasil Belajar Sistem Motor Stater Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Al-Ishlah Pulokulon Tahun Pelajaran 2019/2020 ”Semarang, Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Otomotif Fakultas Pendidikan Teknologi dan `Kejuruan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang 2019. 145 halaman.
Latar belakang masalah yang diteliti adalah 1) Masih ditemukanya metode Konvensional dalam pembelajaran 2) Guru belum menggunakan media audio-visual dalam proses pembelajaran 3) Keterbatasan sarana media pembelajaran yang dimiliki sekolah 4) Media yang digunakan oleh guru dalam pengajaran sistem motor stater masih terbatas 5) Minat belajar siswa masih rendah 6) Hasil belajar siswa pada kompetensi sistem motor stater masih rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar sistem motor stater Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Al-Ishlah Pulokulon Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilakukan di SMK Al-Ishlah Pulokulon Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2019/2020. Sebagai Populasi adalah Siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Al-Ishlah Pulokulon tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 68 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 68 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Alat pengumpul datanya yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan bantuan program SPSS versi 24.0.
Berdasarkan hasil analisis nilai F hitung sebesar 1,880. Dan nilai signifikansi F sebesar 0,163. Dengan menggunakan DFI = 2 dan DF (degree of freedom) sebesar 53 (56 – 2 - 1) diperoleh nilai F sebesar 3,1716 dan nilai sifnifikansi sebesar 0,163 lebih tinggi dari 0,05 (a = 5%) yang menunjukkan Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh positif penggunaan media audio visual dan minat belajar terhadap hasil belajar sistem motor stater siswa kelas XI TKR SMK Al-Ishlah Pulokulon” dapat diterima. Hasil uji hipotesis secara determinasi menunjukkan nilai R square sebesar 0,066. Hasil tersebut menggambarkan sebesar 6,6% hasil belajar dapat dijelaskan oleh variabel penggunaan media audio visual (X1) dan Minat Belajar (X2). Sedangkan sisanya (100% - 6,6%= 93,4%) dijelaskan oleh sebab-sebab lain.
Kata kunci : Penggunaan Media Audio Visual, Minat Belajar, Hasil belajar mata pelajaran sistem motor stater
References
Eka Fitri Aprilia (2015) Pengaruh Media Pembelajaran Audio-Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran PAI di SMA Islam Soejo Alam Ngajum Malang.
Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Laily Afiya (2007). Pengaruh Penggunaan media Audio Visual terhadap Minat Siswa Kelas X pada Pembelajaran PAI di SMA Negeri 6 Semarang