PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDIAGNOSIS TRANSMISI OTOMATIS SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN PERAGA V-MATIC

  • Nor Zauli Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Yohanes Sarsetyono Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Nuraedhi Apriyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Nor Zazuli. “Peningkatan Kemampuan Mendiagnosis Transmisi Otomatis Sepeda Motor Dengan Menggunakan Peraga V-Matic Di Kelas Xii Tbsm Smk N 1 Kedung Jepara”. Latar Belakang penelitian ini yaitu media pembelajaran yang ada masih terbatas dan masih menggunakan metode ceramah.


Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Peraga V-Matic dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mendiagnosis gangguan system transmisi otomatis sepeda motor dan mengetahui penggunaan media peraga V-matic sebagai peraga dalam meningkatkan kemampuan mendiagnosis gangguan system transmisi otomatis sepeda motor siswa dapat meningkatkan nilai KKM. Manfaat penelitian ini secara teoritis dapat memberikan sumbangan untuk meningkatkan kemampuan dalam mendiagnosis gangguan sistem transmisi otomatis dan secara praktis memberi informasi dan masukan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa peraga yang inovatif. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas XII TBSM SMK N 1 Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 30 siswa. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Berdasarkan pengamatan dan diskusi dengan teman sejawat sebagai observer peraga v-matic dapat meningkatkan aktifitas pembelajaran dengan hasil nilai peningkatan rata-rata kegiatan pembelajaran 30 siswa tersebut pada siklus I dari rata-rata aktiftas belajar semula 2.44 terlihat meningkat sebesar 4.08 pada siklus2, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media V-Matic meningkat lebih besar dibanding tanpa menggunakan media V-Matic. Terlihat dari data terjadi peningkatan sebesar 63% dari rata-rata kemampuan awal 51.67 menjadi 84.33, sedangkan tanpa media V-Matic (ceramah dan papan tulis) hanya sebatas 51% dari rata-rata awal 51.67 menjadi 78.22.

References

Alfianto, D. Masugino, dan Widi Widayat. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Pembelajaran VCD (Video Compact Disc) pada Kompetensi Sistem Pengisian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Volume 10, Nomor 2: 55-59

Inayah Soleh, H. Nurhayati B, dan Jumadi, Oslan. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulu kumba. Jurnal Sainsmat. Volume IV, Nomor 1: 7-13

Marliyah, M. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Alat Peraga Konkrit pada Siswa Kelas 1A SDN Darungan 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran. Volume 3, Nomor4 : 153-162

Setyowati, N., Eko Susilo, B., dan Masrukan. 2016. Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Peluang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif UNNES Journals. Volume Kreano 7 Nomor1 : 24-30

Wulandari, Dwi. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas II SD Negeri II KEMLOKO Dengan Menggunakan Model Make Match. Jurnal Taman Cendekia. Volume 01 Nomor 02: 113-120

Zainal. 2006, Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Published
2020-11-07
How to Cite
ZAULI, Nor; SARSETYONO, Yohanes; APRIYANTO, Nuraedhi. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDIAGNOSIS TRANSMISI OTOMATIS SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN PERAGA V-MATIC. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-4, nov. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1317>. Date accessed: 02 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.