PENGARUH KELENGKAPAN ALAT DAN BAHAN PRAKTIK BENGKEL OTOMOTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRANSMISI
Abstract
Rizqi Fatchur Prasetyo. Pengaruh Kelengkapan Alat dan Bahan Praktik Bengkel Otomotif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Transmisi Kelas XI TKR SMK N 01 Blado Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Prodi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas IVET Semarang.
Hasil belajar adalah penilaian hasil kegiatan belajar siswa yang diberikan oleh guru berupa angka, simbol, dan kalimat yang didapatkan berdasarkan perubahan pada ranah kognitif, psikomotorik, afektif, dan konatif sebagai pengaruh pengalaman belajar yang dialami oleh siswa, baik itu berupa suatu unit, bagian, atau bab materi yang telah diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelengkapan alat dan bahan praktik terhadap hasil belajar siswa.
Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK N 01 Blado tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 70 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh variabel kelengkapan alat dan bahan praktik menggunakan angket, sedangkan variabel hasil belajar menggunakan dokumentasi nilai praktik siswa. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji F dan uji t.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa variabel hasil belajar berada pada kategori sangat baik, variabel kelengkapan alat praktik berada pada kategori baik, dan variabel kelengkapan bahan praktik berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian dengan uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama kelengkapan alat dan bahan praktik berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 16%. Hasil penelitian dengan uji t menunjukkan bahwa secara terpisah variabel kelengkapan alat dan bahan praktik berpengaruh terhadap hasil belajar. Besarnya pengaruh secara terpisah variabel kelengkapan alat praktik sebesar 8,6% sedangkan variabel kelengkapan bahan praktik sebesar 12,1%.
Kata kunci : Kelengkapan Alat Praktik, Kelengkapan Bahan Praktik, Hasil Belajar
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21, Upgrade PLS Regersi. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2015). Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
.............., Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung : Bumi Akasara
Huda, T.N. 2016. Pengaruh Kelengkapan Peralatan Praktik Bengkel Otomotif Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Munib, A. 2015. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Sarana dan Prasarana.
Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008. Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Poerwadarminta. 2010. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supriyatno, Fajar. 2012. Pengaruh Kelengkapan Peralatan Praktek Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Praktek Dasar Instalasi Listrik Di Kelas X SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang