STUDI PENERAPAN KONSEP TEACHERPRENEUR PADA GURU PRODUKTIF DI KOTA SEMARANG

  • Fuad Abdillah Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penerapan  konsep  teacherpreneur bidang studi keahlian teknik otomotif baik teknik kendaraan ringan maupun teknik sepeda motor sebagai upaya pengembangan sikap profesional guru pada bidang studi keahlian teknik otomotif. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan partisipan adalah guru SMK (produktif) anggota  Musyawarah Gutu Mata Pelajaran (MGMP) bidang studi keahlian teknik  Otomotif di kota Semarang.


Data diambil dan dikumpulkan dengan wawancara mendalam (interview indeph) kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Konsep teacherpreneur yang diterapkan pada penelitian ini meliputi 3 kategori yaitu kategori akademik, ekonomi dan sosial dengan indikator karya inovatif, perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran, media, buku, research, pembimbingan peserta didik berprestasi dan keaktifan dalam organisasi profesi guru.


Hasil research ini mengungkapkan bahwa: (1) Penerapan  konsep teacherpreneur  pada kategori akademik dan ekonomi melaju secara linier yaitu semakin mudahnya implementasi  konsep teacherpreneur  pada kategori akademik maka mudah pula mengimplementasikan konsep teacherpreneur pada kategori ekonomi dan  sebaliknya semakin sulitnya implementasi  konsep teacherpreneur  pada kategori akademik maka semakin sulit pula mengimplementasikan konsep teacherpreneur pada kategori ekonomi, (2) Penerapan konsep teacherpreneur dalam kategori sosial dengan indikator keaktifan terhadap organisasi profesi mempunyai korelasi terhadap motivasi  internal, dan (3)  lemahnya kemauan internal diakibatkan oleh minimnya pengetahuan tentang kemanfaat dalam keaktifan terhadap organisasi profesi dan sosial masyarakat.


.


Kata kunci : Konsep teacherpreuneur, Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

References

Abdillah Fuad, (2019) Development model Recognition Prior Learning for teacher Vacational, Desertation, UNY, Yogyakarta
Barnett Berry, editor. (2010). Teaching 2030. New York: Teacher college press.
Barnett Berry, Byad Alan Weader editor. (2011). Teacherpreneurs . Innovative Teachers who lead but don’T leave . Florida Teacher college press
Blank. (1982). Handbook for Developing Competency-Based Training Programs. New Jersey: Prentice-Hall Inc
Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (4th Ed.). New York: Haper Collins College Publishers.
Gray B. (1989). Collaborating: Finding Common Ground for Multiparty Problems. San Francisco: Jossey-Bass,.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Dokumen 2Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Edisi 2004. (Versi elektronik). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen pendidikan dan Kebudayaan (2013). Tangtangan guru SMK Abad 21. Jakarta: Ditjen Pendidikan Menengah DEPDIKBUD
Endang Mulyatiningsih, Analisis potensi dan kendala teacherpreuner di SMK. Jurnal UNY, 2014
Kamdi, Waras. 2001. Pembelajaran Berbasis Proyek: Model Potensial untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Gentengkali, 3(11-12).
Prihadi,W.R. (2016) Pengembangan Model Teacherpreneur pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal pendidikan vokasi volume 6 nomor 2 juni 2016 halaman 230
Published
2020-11-08
How to Cite
ABDILLAH, Fuad. STUDI PENERAPAN KONSEP TEACHERPRENEUR PADA GURU PRODUKTIF DI KOTA SEMARANG. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 142-151, nov. 2020. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1333>. Date accessed: 02 july 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.