PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR KELISTRIKAN BODY

  • Bagus Wahyu Pratama Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Nuraedhi Apriyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Toni Setiawan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Lingkungan belajar mempengaruhi Minat belajar siswa karena lingkungan belajar yang nyaman mampu meningkatkan Minat belajar siswa. 2) Kompetensi guru menjadi faktor penentu dari keberMinatan pembelajaran karena guru merupakan fasilitator pada saat pembelajaran berlangsung. 3) Kurangnya Minat belajar siswa dalam pembelajaran kelistrikan Bodi Kendaraan Ringan. Metode penelitian. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian expost facto, dimana penelitian ini mengkaji pengaruh variabel bebas (X1) dan (X2) terhadap variabel terikat (Y). Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Blado  sebanyak 49 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan alat uji analisis menggunakan program SPSS versi 20 yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji regresi, uji korelasi, uji F dan uji determinasi. Hasil penelitian Lingkungan Belajar (X1) Dan Kompetensi Pedagogik Guru (X2) Terhadap Minart Belajar System Kelistrikan Body (Y). Terdapat pengaruh Lingkungan Belajar dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Minat Belajar system kelistrikan body siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Blado yang dibuktikan dari hasil uji F yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig) = 0,000 < probabilitas 0,05 dan nilai F hitung. 4,098 > nilai F tabel 3,20. Sehingga memenuhi syarat untuk menjawab Hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh Lingkungan Belajar dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Minat Belajar System Kelistrikan Body siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Blado” dapat diterima. Pengaruh yang diberikan oleh variabel Lingkungan Belajar (X1) dan Kompetensi Pedagogik Guru (X2) terhadap Minat Belajar system kelistrikan body (Y) sebesar 32%, yang dibuktikan oleh hasil uji koefisien determinasi yang menunjukan nilai Adjusted R Square sebesar 0,320 (32 %).


 


Kata kunci: Lingkungan Belajar, Kompetensi Pedagogik Guru dan Minat Belajar.

References

Sugiyono. 2010. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Ghozali, Imam. 2010. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP

Yamin, Marintis. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press

Dimyati, Mudijono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

.unib, Achmad, 2011. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Hamalik, Oemar. 2002a. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

---------------------- 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2011 a. Profesi Kependidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ahmadi, Abu, 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya : Kesindo Utama

Undang - undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 : tentang Guru dan Dosen

Akbar Ridho, Muhammad, 2012. Pengaruh Lingkungan terhadap Motivasi Belajar dan dampaknya terhadap Brestasi belajar Siswa Kompetensi Keahlian Audio Video SMK Muh Kutowinangun Kebumen. Skripsi. Semarang: UNNES

Cipto Wibowo, Handi, 2013. Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional dan Fasilitas Belajar terhadap Minat Belajar Siswa. Skripsi. Semarang: UNNES

Kurniawan, Eko. 2012. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Antonius Semarang. Skripsi. Semarang: UNNES

Sagala, M.Pd, Dr.H. Syaiful. Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan ( Bandung : AlfaBeta, 2009) 7691an.wordpress.com/2011/10/11/pengertian-dan-perlunya-pedagogik/http://7691an.wordpress.com/2011/10/08/pengertian-dan-perlunya-pedagogik/
Published
2021-11-02
How to Cite
PRATAMA, Bagus Wahyu; APRIYANTO, Nuraedhi; SETIAWAN, Toni. PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR KELISTRIKAN BODY. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 11-15, nov. 2021. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1882>. Date accessed: 21 mar. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.