PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR KELISTRIKAN BODY
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Lingkungan belajar mempengaruhi Minat belajar siswa karena lingkungan belajar yang nyaman mampu meningkatkan Minat belajar siswa. 2) Kompetensi guru menjadi faktor penentu dari keberMinatan pembelajaran karena guru merupakan fasilitator pada saat pembelajaran berlangsung. 3) Kurangnya Minat belajar siswa dalam pembelajaran kelistrikan Bodi Kendaraan Ringan. Metode penelitian. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian expost facto, dimana penelitian ini mengkaji pengaruh variabel bebas (X1) dan (X2) terhadap variabel terikat (Y). Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Blado sebanyak 49 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan alat uji analisis menggunakan program SPSS versi 20 yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji regresi, uji korelasi, uji F dan uji determinasi. Hasil penelitian Lingkungan Belajar (X1) Dan Kompetensi Pedagogik Guru (X2) Terhadap Minart Belajar System Kelistrikan Body (Y). Terdapat pengaruh Lingkungan Belajar dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Minat Belajar system kelistrikan body siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Blado yang dibuktikan dari hasil uji F yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig) = 0,000 < probabilitas 0,05 dan nilai F hitung. 4,098 > nilai F tabel 3,20. Sehingga memenuhi syarat untuk menjawab Hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh Lingkungan Belajar dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Minat Belajar System Kelistrikan Body siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Blado” dapat diterima. Pengaruh yang diberikan oleh variabel Lingkungan Belajar (X1) dan Kompetensi Pedagogik Guru (X2) terhadap Minat Belajar system kelistrikan body (Y) sebesar 32%, yang dibuktikan oleh hasil uji koefisien determinasi yang menunjukan nilai Adjusted R Square sebesar 0,320 (32 %).
Kata kunci: Lingkungan Belajar, Kompetensi Pedagogik Guru dan Minat Belajar.
References
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Ghozali, Imam. 2010. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP
Yamin, Marintis. 2006. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press
Dimyati, Mudijono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
.unib, Achmad, 2011. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press
Hamalik, Oemar. 2002a. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
---------------------- 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. 2011 a. Profesi Kependidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ahmadi, Abu, 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya : Kesindo Utama
Undang - undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 : tentang Guru dan Dosen
Akbar Ridho, Muhammad, 2012. Pengaruh Lingkungan terhadap Motivasi Belajar dan dampaknya terhadap Brestasi belajar Siswa Kompetensi Keahlian Audio Video SMK Muh Kutowinangun Kebumen. Skripsi. Semarang: UNNES
Cipto Wibowo, Handi, 2013. Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional dan Fasilitas Belajar terhadap Minat Belajar Siswa. Skripsi. Semarang: UNNES
Kurniawan, Eko. 2012. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Antonius Semarang. Skripsi. Semarang: UNNES
Sagala, M.Pd, Dr.H. Syaiful. Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan ( Bandung : AlfaBeta, 2009) 7691an.wordpress.com/2011/10/11/pengertian-dan-perlunya-pedagogik/http://7691an.wordpress.com/2011/10/08/pengertian-dan-perlunya-pedagogik/