PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MEDIA TRAINER TERHADAP TINGKAT KOMPETENSI BELAJAR KELISTRIKAN BODI XI TBSM SMK MUHAMMADIYAH BAWANG
Abstract
Taufik, NPM. C3216110062. Pengaruh Kompetensi Guru Dan Media Trainer Terhadap Tingkat Kompetensi Belajar Kelistrikan Bodi XI TBSM SMK Muhammadiyah Bawang 2019/2020. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Universitas IVET Semarang 2020.
Tujuan penelitian ini adalah 1). Ada pengaruh antara Kompetensi Guru Terhadap Tingkat kompetensi Belajar Kelistrikan Bodi XI TBSM SMK Muhammadiyah Bawang 2019/2020. 2). Ada pengaruh antara Media Trainer Terhadap Tingkat kompetensi Belajar Kelistrikan Bodi XI TBSM SMK Muhammadiyah Bawang 2019/2020. 3). Ada pengaruh antara Kompetensi Guru dan Media Trainer Terhadap Tingkat kompetensi Belajar Kelistrikan Bodi XI TBSM SMK Muhammadiyah Bawang 2019/2020.
Metode penelitian. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian expost facto, di mana penelitian ini mengkaji pengaruh variabel bebas (X1) dan (X2) terhadap variabel terikat (Y). Sampel yang digunakan adalah kelas XI TBSM SMK Muhammadiyah Bawang sebanyak 24 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket daring dan dokumentasi. Sedangan alat uji analisis menggunakan program SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian pengaruh Kompetensi Guru (X1) dan Media Trainer (X2) Terhadap Tingkat kompetensi Belajar Kelistrikan Bodi (Y). Terdapat pengaruh Kompetensi Guru dan Media Trainer Terhadap Tingkat kompetensi Belajar Kelistrikan Bodi XI Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Bawang yang dibuktikan dari hasil F yang menunjukan nilai signifikansi (Sig) = 0.000 < probabilitas 0.05 dan nilai F hitung = 269.412 > F tabel 3.47. sehingga memenui syarat untuk menjawab hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh Kompetensi Guru dan Media Trainer Terhadap Tingkat kompetensi Belajar Kelistrikan Bodi XI TBSM SMK Muhammadiyah Bawang 2019/2020” dapat diterima. Pengaruh yang diberikan oleh variabel Kompetensi Guru (X1) dan Media Trainer (X2) Terhadap Tingkat kompetensi Belajar Kelistrikan Bodi (Y) sebesar 95,9%.dan sisahnya 4.1% dipengarui variabel lain, yang dibuktikan oleh hasil uji koefesien determinasi yang menunjukan nilai adjusted R Square 0,959 (95,9%).
Kata kunci : Kompetensi Guru, Media Trainer dan Tingkat Kompetensi Belajar
References
Anas, M. (2014). Alat peraga dan media pembelajara. Muhammad Anas.
Anindia, G. A. (2016). Pembuatan Trainer Sistem Penerangan Sepeda Motor Honda Tiger Sebagai Media Pembelajaran Praktik Kelistrikan Di Smk Muhammadiyah 4 Klaten Tengah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Darojat, S. (2013). Pengaruh Kualitas Pembelajaran Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok. Depok: Doctoral dissertation, Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM dan SPSS. In aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 19 (p. 113).
Imam, & Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariente Dengan Program SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 100, 125.
Jalaludin,2019. Pengaruh Kinerja Guru dan Media Trainer Terhadap Minat Belajar Kelistrikan Bodi Siswa Kelas XI TKR Smk Bhakti Praja Batang. Skripsi. Semarang: Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Semarang.
Persada, G. Sugiyono, 2015. Metode penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R an D).
Safid Faisal,2018.Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar siswa terhadap Hasil Belajar System Rem pada Siswa Kelas XI TKR Smk Miftahul Huda Mijen Demak. Skripsi . Semarang: Fakultas Pendidikan Teknik Mesin Otomotif IKIP Veteran Semarang.
Syaidah, U. S. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Sma Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(2),, 185-191.
Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Indonesia: ALFABETA.
Universitas Ivet Semarang.2019. Buku Pedoman Skripsi Universitas Ivet Semarang.Semarang: Universitas Ivet Semarang.
Wagino, J. J. (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Wagino, J. J. (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 2 untuk SMK /oleh Jalius Jama, Wagino. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasiona.