PENGARUH SARANA DAN PRASARANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF KOMPETENSI ALAT UKUR DASAR DI SMK BHAKTI PRAJA TALANG – TEGAL
Abstract
Prestasi belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa demi keberhasilan belajarnya. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain sarana dan prasarana belajar di sekolah terutama bagi siswa-siswi SMK. Perbedaan sarana dan prasaran belajar yang ada di setiap sekolah kemudian memunculkan presatsi belajar siswa pada kompetensi alat ukur yang berbeda-beda pula, seperti halnya presatsi belajar siswa pada kompetensi alat ukur di SMK Bhakti Praja Talang Tegal. Metode dalam penelitian ini adalah ex postfacto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Bhakti Praja Talang Tegal yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai signifikan sisebesar 0,124. Oleh karena 0,124 > 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana dan prasaran di sekolah terhadap prestasi belajar siswa, (2) hasil R sebesar 1,24 yang artinya terjadi hubungan yang rendah antara fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa, (3) koefisien determinasi (R2) 0,678 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variable independen sebesar 67,8%. Hal ini menunjukkan bahwa 67,8% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh sarana dan prasarana di sekolah pada kompetensi alat ukur, sedangkan 32,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana dan prasaran di sekolah terhadap prestasi belajar siswa.
Kata Kunci : Sarana dan Prasarana, Prestasi, Alat Ukur
References
Anonim,2003.New Step 1 Training Manual. PT. Toyota Astra Training Center.Jakarta
Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif. Yogyakarta: Andi Publisher
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Debdikbud, 1998. Kamus besar bahasa Indonesia. Depdikbud Balai Pustaka. Jakarta
Sardiman,2001. Interaksi dan motivasi belajar dan mengajar.Raja Grafindopersada.Jakarta
Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara
Suparno. 2000. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: Grasindo
Ummi Hani, 2010. Pengaruh layanan sarana dan prasarana belajar terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Permesinan Dasar di SMK NURUL ISLAM Brebes . Skripsi (Teknik Mesin , Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal,)
Wanhari,2010. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran KompetensiPemeliharaan Mesin Sepeda Motor Di SMK Dinamika Tegal ,Skripsi (Teknik Mesin , Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal,)