PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN DASAR OTOMOTIF KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN DAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR MEKANIK SERTA FUNGSINYA UNTUK KELAS X TBSM SMK N 7 KENDAL
Abstract
Mahmudi Zaki Mubaroq, NPM. C3216110006. Penggunaan Model Pembeelajaran Problem Based Learning Pada Pekerjaan Dasar Otomotif Kompetensi Dasar Menerapkan dan Menggunakan Alat Ukur Mekanik Serta Fungsinya Untuk Kelas X TBSM SMK N 7 KENDAL. Skripsi. PVTM . Fakultas Sains dan Teknologi.UniversitasI vet Semarang, 2020.
Penelitian ini bertujuan Penerapan model pembelajaran berbasis problem based learning sangat efektif meningkatkan kompetensi pemasangan dasar evaluasi pengukuran benda kerja . Hal ini terbukti dari pada pra siklus tingkat ketuntasan secara klasikal sangat rendah, pada siklus I ketuntasan ini belum sesuai harapan karena ketuntasan secara klasikal lebih rendah dari 75%. Kemudian pada siklus II ketuntasan klasikal mengalami peningkatan yaitu sebesar 88% lebih tinggi dari standar yang ditetapkan yaitu 80%, sehingga hipotesis yang menyatakan “penerapan metode pembelajaran berbasis problem based learning dapat meningkatkan kompetensi dasar memahami alat ukur mekanik pada siswa kelas X SMK N 7 Kendal dapat terbukti.
Kesimpulan hasil penelitian adalah peningkatan kompetensi dasar memahami alat ukur mekanik menggunakan pembelajaran berbasis problem based learning dengan cara mengaktifkan peserta didik sehingga lebih aktif dalam pengukuran benda kerja dan mendorong peserta didik untuk berfikir kreatif dan inovatif Keaktifan guru pada saat pembelajaran menggunakan metode pembelajaran berbasis problem based learning dari siklus ke siklus mengalami peningkatan.. Kemudian pada keaktifan guru pada siklus dalam kategori baik. Hal ini mengindikasikan bahwa persiapan dan kemampuan guru dalam pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis problem based learning sudah sesuai dengan harapan.
Kata Kunci : problem based learning; Pekerjaan Dasar Otomotif; Alat Ukur; metode pembelajaran
References
Anas,Muhammad.2017.MengenalMetodePembelajaranhttps://books.google.co.id/books?id=o7b5AwAAQBAJ&pg=PR7&dq=sintak+pembelajaran+tutor+sebaya&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=sintak%20pembelajaran%20tutor%20sebaya&f=false(diunduh tanggal 20 April 2017).
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Destiyanto, I Gusti Bagus Mahendra. 2012. Pengaruh Penggunaan Jobsheet Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Diklat Praktik Las Dasar di SMK Negeri 2 Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.
Djamarah, Syaiful Bachri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakata: PT Rineka Cipta.
Hadi, Soedomo. (2005). Pendiddikan (Suatu Pengantar). Surakarta: UNS Press.
Hardjono. 2015. Peningkatan Kompetensi Sistem Bahan Bakar Diesel Melalui Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas XI SMK Pelayaran Akpelni Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.