PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS XI TKRO

  • Dimas Ego Nurmansa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Aunu Rofiq Djaelani Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Toni Setiawan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1)Mengetahui metode Pembelajaran Berbasis Masalah dengan quizizz dapat meningkatkan hasil belajar, (2)Mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa, (3)Mengkaji sejauh mana guru menerapkan metode Pembelajaran Berbasis Masalah dengan quizizz.


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO  semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 22 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada tiap siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah dengan quizizz pada sistem stater dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas XI TKRO di SMK Perintis 29-02 Semarang.


 


Kata Kunci : pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, keaktifan siswa, quizizz

References

Aldi Sugari.2014. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ketrampilan Elektronika Di SMP Negeri 1 Mantup Lamongan. Skripsi. Lamongan : UNESA

Amir, M. Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning.Jakarta : Kencana.

Amri, S. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta:Prestasi Pustaka Raya

Anni, Tri, Catharina, dkk. 2002. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran (Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.

Dimas Nur Rosit S.S . 2014. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Problem Based Learning Pada Topik Pembelajaran Perawatan Dasar Peralatan Rumah tangga siswa kelas X di SMK
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Faristin Amala .2013. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Kompetensi Dasar Menerima dan Menyampaikan Informasi Bagi Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Skripsi. Semarang : UNNES.

Fujasari Lumbantobing .2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematis Siswa Kelas VIII MTs Swasta Islamiyah Urung Pane Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan T.P. 2017-2018. Skripsi. Medan : UIN

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ibrahim, M., dan Nur, M. (2004). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA Press.

Johnson, B. Elaine. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : Penerbit MLC

Mulyasa, H.E. 2009. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana. .2009. Penilaian Hasil Proses BelajarMengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya

Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Oemar Hamalik. .2002. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto. 2011. Evaluasi hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Slameto.2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineraka cipta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2013.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Adi Mahasatya.

Trianto (2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Surabaya:Kencana

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Published
2021-11-02
How to Cite
NURMANSA, Dimas Ego; DJAELANI, Aunu Rofiq; SETIAWAN, Toni. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS XI TKRO. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 71-79, nov. 2021. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1889>. Date accessed: 21 mar. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.