MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA SILINDER MOTOR 4 TAK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO ANIMASI

  • Arif Tri Mukti Wibowo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Yohanes Sarsetyono Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Nuraedhi Apriyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Pendidikan merupakan kunci dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas secara moral dan intelektual. Hal tersebut tidak lain demi keberhasilan dan kemajuan sebuah bangsa, karena segala potensi sumber daya alam yang ada hanya dapat dikelola serta dimanfaatkan dengan baik oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Dijelaskan dalam undang – undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003 pada Ketentuan Umum Bab I Pasal 1 bahwa “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, Bangsa dan Negara”.


Tujuan penelitian ini sebagai berikut: ( 1) Mengkaji peningkatan Kompetensi Kepala Silinder Motor 4 Tak melalui model problem based learning dengan media animasi dan Sepeda Motor pada siswa kelas XI TBSM 2 di SMK PGRI Karangmalang Sragen. (2) Mengkaji peningkatan keaktifan siswa kelas XI TBSM 2 di SMK PGRI Karangmalang Sragen melalui model problem basic learning dengan media video animasi Kepala Silinder Motor 4 Tak. (3) Mengkaji penerapan kinerja guru melalui model problem based learning dengan media animasi Kepala Silinder Motor 4 Tak pada siswa kelas XI TBSM 2 di SMK PGRI Karangmalang Sragen


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 4 siklus terdiri dari tahap ; 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi dan Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TBSM 2 SMK PGRI Karangmalang Sragen dengan jumlah 24 ( dua puluh empat ) siswa masing- masing berjenis kelamin laki- laki dan guru mata pelajaran R.Arif Tri Mukti Wibowo dengan kolaborator Taufik Amin Mustofa,S.Pd.


Kesimpulan dengan hasil penelitian ini dengan melalui model problem based learning berbasis video animasi dapat meningkatkan (a) Hasil prestasi belajar dari 24 siswa pada siklus pertama ketuntasan klasikal 54,1% dan pada siklus II ketuntasan klsikal 91,6%. (b) presentase keaktifan siswa dari 24 siswa, siswa aktif pada siklus I adalah 54,17% dan meningkat pada siklus II, siswa yang aktif 74,75% (c) pelaksanaan proses pembelajaran melalui model problem based learning berbasis video animasi meningkatkan kinerja guru dalam menyampaikan kompetensi Kepala Silinder Motor 4 Tak. Skor penilaian kinerja guru pada siklus I jumlah skor 30 dengan niali rata- rata 69 dengan predikat cukup baik,kreteria skor 51-75, pada siklus II skor niali 33 dan nilai rata- rata 76,5 predikat baik kreteria skor 76 – 100.


 


Kata kunci : Meningkatkan kompetensi, sepeda motor 4 tak, model Problem Based Learning

References

Arends ( 1997 ). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktivitis ,jakarta : Prestasi Pustaka

Assegaff, Asrani. 2016. Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problem based learning (PLB) (Improved ability to analytical thinking with a problem based learning model). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Universitas Pendidikan Indonesia.

Djamarah, 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Duch, J.B. 1995. Problem Based Learning. Jakarta : sejarah indonesia Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2014. Pengembagan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nafiah, Yunin Nurun. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Romadhoni, Indrawati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika SMA Di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika. Universitas Jember.

Samsudin. 2006. Menejemen sumber daya manusia, Jakarta : Rineka Cipta

Suharsimi Arikunto. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Published
2021-11-02
How to Cite
WIBOWO, Arif Tri Mukti; SARSETYONO, Yohanes; APRIYANTO, Nuraedhi. MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA SILINDER MOTOR 4 TAK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO ANIMASI. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 80-89, nov. 2021. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1890>. Date accessed: 21 mar. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.