PENGARUH KELUARGA DAN KOMPETENSI KELISTRIKAN DASAR TERHADAP PENENTUAN PILIHAN DALAM BERKARIER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh keluarga terhadap penentuan pilihan dalam berkarier siswa kelas XII SMKN 01 Rembang; 2) pengaruh kompetensi kelistrikan dasar terhadap penentuan pilihan dalam berkarier siswa kelas XII SMKN 01 Rembang; dan 3) pengaruh keluarga dan kompetensi kelistrikan dasar terhadap penentuan pilihan dalam berkarier siswa kelas XII SMKN 01 Rembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TKR SMK Negeri 1 Rembang Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 108 siswa. Sampel penelitian sebanyak 72 siswa. Data diperoleh dengan metode angket dan teknik tes. Analisis data yang digunakan analisis regresi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keluarga berpengaruh terhadap penentuan pilihan dalam berkarier, hal ini berdasarkan hasil uji t sebesar 5,068 karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (2) kompetensi kelistrikan dasar berpengaruh terhadap penentuan pilihan dalam berkarier, hal ini berdasarkan hasil uji t sebesar 2,990 karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (3) keluarga dan kompetensi kelistrikan dasar dapat berpengaruh terhadap penentuan pilihan dalam berkarier. Nilai F sebesar 387,916 dengan sig = 0,000 < 0,05. Besarnya kontribusi variabel keluarga dan kompetensi kelistrikan dasar sebesar 0,625 atau 62,5%. Ini berarti bahwa keluarga dan kompetensi kelistrikan dasar memberikan kontribusi terhadap penentuan pilihan dalam berkarier sebesar 62,5% dan 37,5% sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keluarga dan kompetensi kelistrikan dasar berpengaruh secara bersama-sama terhadap penentuan pilihan dalam berkarier.
Kata kunci: keluarga, kompetensi kelistrikan dasar, penentuan pilihan dalam berkarier
References
Athanasou, J. A., & Esbroeck, R. V. (2015). International Handbook of Career Guidance. Business Media B.V.
Becker, B.E., Huselid, M.A., dan Ulrich, D. (2011). The HR Scorecard: Linking People, Strategy, and Performance. Boston: Harvard Business School Press.
Edi Purwanta. (2012). Dukungan Keluarga Orangtua dalam Karier terhadap Perilaku Eksplorasi Karier siswa SLTP. Jurnal TEKNODIKA, volume 10 nomor 2 tahun 2012. Hal. 127-140.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasbullah. (2016). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kelapa Gading Permai.
Munandir. (2016). Bimbingan dan Konseling Karier di Sekolah. Jakarta: Proyek Perguruan Tinggi.
Sedarmayanti. (2011). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Penerbit Mandar Maju.
Sutarto HP. (2013). Strategi Penggeseran Paradigma Pelatihan dari Orientasi Aktivitas di Kelas ke Hasil di Tempat Kerja. Cakrawala Pendidikan, XXXII (2), hlm. 183-196.
Widyastuti. (2015). Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Kemantapan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal BK UNESA, 3(1), 231-238