EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY TERHADAP KETERCAPAIAN KOMPETENSI SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR SISWA

  • Muchsin Sugiarto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fuad Abdillah Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fahmy Fatra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Muchsin Sugiarto (C3217110060). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Modelling The Way Terhadap Ketercapaian Kompetensi Sistem Penerangan Sepeda Motor Siswa Kelas XI TBSM 1 SMK Palapa Semarang. Skripsi. PVTMO. Fakultas Sains Dan Teknologi. Universitas Ivet.


Pada pembelajaran di kelas tidak terlepas dari beberapa masalah yang muncul. Salah salah satu masalah yang muncul adalah rendahnya hasil nilai kompetensi peserta didik. Sebagai contoh, pada mata pelajaran sistem penerangan sepeda motor kelas XI TBSM 1 SMK Palapa Semarang yang ditemukan sebesar 67,74% tidak tuntas ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya peserta didik masih banyak yang kurang konsentrasi dalam pembelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru, dan lebih banyak bercanda. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan metode Modelling The Way.


Berdasarkan permasalahan diatas, penulis melakukan upaya meningkatkan hasil kompetensi sistem penerangan sepeda motor pada kelas XI TBSM 1 SMK Palapa Semarang sebanyak 31 peserta didik dengan metode pembelajaran Modeling The Way. Penelitian ini adalah peneilitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan proses pembelajaran 2 siklus. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain: penilaian praktik, observasi, dan dokumentasi.


Hasil penelitian dengan menggunakan metode Modelling The Way, menunjukan hasil aktivitas praktik peserta didik pada siklus I sebesar 64,28% yang kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87,5%. Sedangkan untuk hasil kompetensi peserta didik yang tuntas pada siklus I sebesar 67,74% dengan rata-rata nilai keseluruhan 74,52 yang kemudian terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 96,78% dengan rata-rata nilai keseluruhan 93,06.


Hasil ini berarti bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Modelling The Way efektif dalam meningkatkan hasil aktivitas praktik peserta didik dan hasil kompetensi praktik peserta didik mata pelajaran sistem penerangan sepeda motor kelas XI TBSM 1 SMK Palapa Semarang.


 


Kata Kunci : Hasil Kompetensi, Metode Pembelajaran Modelling The Way, Sistem Penerangan Sepeda Motor

References

Anas Sudijono. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Boy, F.T. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alat Ukur Dengan Model Pembelajaran Modelling The Way Pada Siswa Kelas X SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang tahun pelajaran 2015/2016. https://123dok.com/document/nq7mw5kq-meningkatkan-belajar-pelajaran-pembelajaran-modelling-pembangunan-galang-pembelajarn.htmls (diakses tanggal 13 Agustus 2021).

Daryanto. 1985. Dasar-dasar Kelistrikan Otomotif. Bandung Tarsito

Edi Kusnadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ramayana Press

Hisyam Ziani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Maani

Harsoyo. 2016. Penerapan metode pembelajaran modelling the way untuk meningkatkan aktivitas dan hasl belajar menggambar dengan perangkat lunak kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21765 (diakses tanggal 11 Agustus 2021)

Imron. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Starter menggunakan Metode Modelling The Way Dengan Media Stand Motor Starter Siswa Kelas XI TKR 5 SMK Al-Falah Moga Pemalang. Skripsi. Semarang. Fakultas Pendidikan Teknik Kejuruan IKIP Veteran Semarang

Nana Subjana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sunar Baru Algensindo

Nana Sudjana. 2000. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Pardosi, Fitri. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Modelling The Way Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pelaksanaan Konstruksi Kayu Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28590. (diakses tanggal 11 Agustus 2021)

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika. 2018. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Berbasis Kompetensi. Malang

Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Belajar

Saepul Anwar. 2018. Peningkatan Kompetensi Merangkai Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas XI TKR 1 di SMKS Bina Islam Mandiri Kersana Brebes. Skripsi. Semarang. Fakultas Pendidikan Teknik Kejuruan IKIP Veteran Semarang

Shodiq, I. 2019. Peningkatan Kemampuan Menjelaskan Dasar Perwatan Mekanisme Mesin Melalui Metode Pembelajaran Modelling The Way Siswa Kelas XI TSM A SMK Negeri Jenangan. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/231 (diakses tanggal 11 Agustus 2021).

Suharsimi Arikunto. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Titik Nurwulan. 2012. Implementasi Metode Modelling The Way Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV MI Ma’Marif Surodikraman Ponorogo. Skripsi. Ponorogo. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Ulfa Aiman Haya. 2018. Penerapan Metode Modelling The Way Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 3 Purwodadi. Skripsi. Lampung Tengah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro Lampung

Voice-teacher.blogspot.com. 2015. Indikator Pencapaian Kompetnsi. http://voice-teacher.blogspot.com/2015/06/pengertian-dan-cara-menyusun-indikator.html?m=1 (diakses tanggal 22 Maret 2021)

www.quipper.com. 2020. UKG Pengertian, Tujuan, Syarat, dan Contoh Soal. https://www.google.com/amp/s/www.quipper.com/id/blog/info-guru/ukg-uji-kompetensi-guru/amp/. (diakses tanggal 22 Maret 2021)

Yunita. 2016. Penerapan Metode Modelling The Way Dan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus Di Kelas Semester 1 MAN Model Palangka Raya. Skripsi. Palangka Raya. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya
Published
2022-05-10
How to Cite
SUGIARTO, Muchsin; ABDILLAH, Fuad; FATRA, Fahmy. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY TERHADAP KETERCAPAIAN KOMPETENSI SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR SISWA. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 15-26, may 2022. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2089>. Date accessed: 05 dec. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.