PENGARUH PERSEPSI MEDIA SOSIAL DAN TINGKAT KOMPETENSI KELISTRIKAN OTOMOTIF TERHADAP PILIHAN BERKARIR SISWA (BEKERJA, MELANJUTKAN DAN BERWIRAUSAHA)

  • Riskhi Wahyu Saputro Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fuad Abdillah Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Nuraedhi Apriyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Riskhi Wahyu Saputro (C3217110079), Pengaruh Persepsi Media Sosial dan Tingkat Kompetensi Kelistrikan Otomotif Terhadap Pilihan Berkarir (Bekerja, Melanjutkan dan Berwirausaha) Kelas XI TKR SMK Palapa Semarang. Skripsi. Semarang. Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Otomotif. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet Semarang. Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh persepsi media sosial dan tingkat kompetensi kelistrikan otomotif terhadap pilihan berkarir (bekerja, melanjutkan dan berwirausaha) kelas XI TKR SMK Palapa Semarang. Persepsi yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah persepsi media sosial siswa; persepsi media sosial siswa terhadap pilihan berkarir (bekerja, melanjutkan dan berwirausaha). Tingkat kompetensi yang dimaksud adalah tingkat kompetensi kelistrikan otomotif siswa terhadap pilihan berkarir (bekerja, melanjutkan dan berwirausaha). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model atau jenis penelitian survei. Objek penelitian adalah Kelas XI TKR di SMK Palapa Semarang sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Instrumen kuesioner atau angket divalidasi dengan uji validitas konstruk serta analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa ternyata persepsi media sosial dan tingkat kompetensi kelistrikan otomotif mempengaruhi terhadap pilihan berkarir (bekerja, melanjutkan dan berwirausaha) siswa. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Persepsi Media Sosial Siswa berpengaruh positif signifikan terhadap Pilihan Berkarir (Bekerja, Melanjutkan dan Berwirausaha) Siswa Kelas XI TKR DI SMK Palapa Semarang yang di tunjukan nilai t hitung < t tabel sebesar (0,992 < 3,510). (2) Tingkat Kompetensi Kelistrikan Otomotif Siswa Berpengaruh Positif Signifikan Terhadap Pilihan Berkarir (Bekerja, Melanjutkan dan Berwirausaha) Siswa Kelas XI TKR DI SMK Palapa Semarang yang di tunjukan nilai t hitung > t tabel sebesar (8,473 > 3,150). (3) Terdapat pengaruh Positif dan signifikan antara Persepsi Media Sosial dan Tingkat Kelistrikan Otomotif Siswa Terhadap Pilihan Berkarir (Bekerja, Melanjutkan dan Berwirausaha) Siswa Kelas XI TKR DI SMK Palapa Semarang yang di tunjukan dengan Fhitung  68,840 > Ftabel  2,696.                                                                           


Kata Kunci : Persepsi Media Sosial Siswa, Tingkat Kompetensi Kelistrikan Otomtif Siswa, Pilihan Berkarir (Bekerja, Melanjutkan dan Berwirausaha).

References

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Reresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Prasetya, Dian Adi. 2015. Pengaruh Mata Pelajaran Kelistrkan Otomotif Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaran Ringan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Di Akses Pada Tanggal 05 Januari 2021 Dari http://ejournal.unima.ac.id/index.php/fatex/article/view/815.

Purnomo, Rachmad. 2014. Pengaruh Informasi Dari Media Sosial dan Dukungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Muhammadiyah Pekalongan. Diakses Pada Tanggal 05 Januari 2021 Dari http://ejournal.unima.ac.id/index.php/fatex/article/view/815.

Sandy, Rofiq Kurnia. 2019. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Berkarir di Perbankan Syariah (Studi Empiris Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Muhammadiyah Magelang). Diakses Pada Tanggal 10 Januari 2021 Dari http://ejournal.unima.ac.id/index.php/fatex/article/view/815.

Daulay, Muthmainnah. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Siswa Akuntansi Sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Siswa Akuntansi Kelas XII SMK Muhammadiyah Sumatra Utara). Diakses Pada Tanggal 17 Januari 2021 Dari http://ejournal.unima.ac.id/index.php/fatex/article/view/815.

Nugroho, Yusnanto. 2019. Pengaruh Persepsi Motivasi, Minat, dan Pengetahuan Siswa Tentang Otomotif Terhadap Pilihan Berkarir di Bidang Otomotif (Studi Empiris SMK N 5 Surabaya). Diakses Pada Tanggal 18 Januari 2021 Dari http://ejournal.unima.ac.id/index.php/fatex/article/view/815
Published
2022-05-10
How to Cite
SAPUTRO, Riskhi Wahyu; ABDILLAH, Fuad; APRIYANTO, Nuraedhi. PENGARUH PERSEPSI MEDIA SOSIAL DAN TINGKAT KOMPETENSI KELISTRIKAN OTOMOTIF TERHADAP PILIHAN BERKARIR SISWA (BEKERJA, MELANJUTKAN DAN BERWIRAUSAHA). Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 36-49, may 2022. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2091>. Date accessed: 05 dec. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.