PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI SISTEM REM HIDROLIK TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR SISWA KELAS XI SMK AT-THOAT TOROH

  • Muhammad Yoga Ristiyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Joko Suwignyo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Bayu Ariwibowo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Muhammad Yoga Ristiyanto, (C3217110076) “Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Minat Belajar Terhadap Kompetensi Sistem Rem Hidrolik Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Siswa Kelas XI SMK At-Thoat Toroh Tahun Ajaran 2020/2021“, Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (Otomotif), Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ivet Semarang, 2021. Latar belakang masalah karena Sejak Bulan Maret 2020 seluruh satuan pendidikan di Indonesia memberlakukan program Belajar di Rumah, atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tepatnya sejak corona virus disease atau Covid-19 dinyatakan masuk ke Indonesia. Dan beberapa siswa bahkan terlihat tidak memiliki minat dan malas mengikuti proses PJJ. Dengan minat belajar yang rendah tentu saja mengakibatkan pengetahuan siswa menjadi kurang terhadap materi yang dipelajari. Kurangnya pengetahuan terhadap materi yang dipelajari tentu berpengaruh terhadap pembelajaran praktik yang akan dilakukan di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat expost facto. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket.Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin didapat jumlah sampel sebanyak 54 siswa. Pengujian data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolah data spss versi 25.0. Hasil analisis menunjukkan model pembelajaran jarak jauh dalam kategori sangat baik, minat belajar dalam kategori sangat baik, dan kompetensi sistem rem hidrolik dalam kategori kompeten. Uji T variabel model pembelajaran jarak jauh terhadap kompetensi sistem rem hidrolik memperoleh nilai sig. sebesar 0,002 lebih rendah dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha1 diterima, sedangkan uji T minat belajar terhadap kompetensi sistem rem hidrolik memperoleh nilai sig. sebesar 0,004 lebih rendah dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha2 diterima. Ada pengaruh positif antara model pembelajaran jarak jauh dan minat belajar terhadap kompetensi sistem rem hidrolik siswa kelas XI program keahlian teknik bisnis sepeda montor SMK At-Thoat Toroh. pada uji F dengan perolehan nilai sig. F sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha3 diterima. Besarnya pengaruh model pembelajaran jarak jauh dan minat belajar terhadap kompetensi sistem rem hidrolik yang ditunjukkan pada uji R2 (determinan) sebesar 71,1,% dan sisanya 28,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Kata Kunci : Model Pembelajaran Jarak Jauh, Minat Belajar, Kompetensi Sistem Rem Hidrolik

References

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM

SPSS 21 Update PLS Reresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Prasetya, Dian Adi. 2015. Pengaruh Mata Pelajaran Kelistrkan Otomotif Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaran Ringan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Di Akses Pada Tanggal 05 Januari 2021 Dari http://ejournal.unima.ac.id/index.php/ fatex/article/view/815.

Paulina Pannen. Pengertian Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Dalam Tian Belaawati, dkk. (Ed), Pendidikan Terbuka & Jarak Jauh Terbuka. (Jakarta : Universitas Terbuka. 1999). Hal 11-29.

Sandy, Rofiq Kurnia. 2019. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Berkarir di Perbankan Syariah (Studi Empiris Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Muhammadiyah Magelang). Diakses Pada Tanggal 10 Januari 2021 Dari http://ejournal.unima.ac.id/index.php/f atex/article/view/815.

Terhadap Pilihan Berkarir di Bidang Otomotif (Studi Empiris SMK N 5 Surabaya). Diakses Pada Tanggal 18 Januari 2021 Dari http://ejournal.unima.ac.id/index.php/f atex/article/view/815.

Daulay, Muthmainnah. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Siswa Akuntansi Sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Siswa Akuntansi Kelas XII SMK Muhammadiyah Sumatra Utara). Diakses Pada Tanggal 17 Januari 2021 Dari http://ejournal.unima.ac.id/index.php/f atex/article/view/815.

Nugroho, Yusnanto. 2019. Pengaruh Persepsi Motivasi, Minat, dan Pengetahuan Siswa Tentang Otomotif
Published
2022-05-13
How to Cite
RISTIYANTO, Muhammad Yoga; SUWIGNYO, Joko; ARIWIBOWO, Bayu. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI SISTEM REM HIDROLIK TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR SISWA KELAS XI SMK AT-THOAT TOROH. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 176-189, may 2022. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2107>. Date accessed: 05 dec. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.