ANALISIS VARIASI HOLE INJEKTOR DAN BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR MATIC 4 TAK 110 CC

  • Robianto Robianto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Sena Mahendra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fahmy Fatra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh variasi Hole Injektor dan jenis bahan bakar terhadap performa sepeda motor matic Beat FI 4 tak 110 cc yang meliputi torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik, (2)  Mengetahui pengaruh variasi Hole Injektor dan jenis bahan bakar terhadap emisi gas buang sepeda motor matic Beat FI 4 tak 110 cc.


Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif jenis Eksperimen untuk mengungkap berbagai informasi yang ada tentang efektifitas penggunaan variasi Hole Injektor dan bahan bakar terhadap performa mesin dan emisi gas buang pada sepeda motor matic 4 tak 110 cc. Penelitian ini dilaksanakan di Bengkel Laboratorium PVTMO Universitas IVET Semarang dan di Bengkel TBSM SMK Bina Utama Kendal. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sepeda motor Beat FI 110 cc di pengaruhi oleh tiga variasi Hole Injektor dan dua jenis bahan bakar.


Hasil penelitian : (1) (a) Pada pengujian torsi menghasilkan torsi tertinggi menggunakan Injektor 6 Hole bawaan pabrik dengan bahan bakar pertalite pada 1500 Rpm, Injektor 6 Hole bawaan pabrik dengan bahan bakar pertamax menurunkan torsi sebesar 0,4%, Injektor 8 Hole dengan bahan bakar pertalite menurunkan torsi sebesar 0,07%, Injektor 8 Hole dengan bahan bakar pertamax menurunkan torsi sebesar 0,4%, Injektor 10 Hole dengan bahan bakar pertalite menurunkan torsi sebesar 0,7%, dan Injektor 10 Hole dengan bahan bakar pertamax menurunkan torsi sebesar 0,5%, (b) Pengujian daya menghasilkan daya tertinggi menggunakan Injektor 6 Hole bawaan pabrik dengan bahan bakar pertalite pada 4000 Rpm, Injektor 6 Hole bawaan pabrik dengan bahan bakar pertamax menurunkan daya sebesar 0,38%, Injektor 8 Hole dengan bahan bakar pertalite menurunkan daya sebesar 0,3%, Injektor 8 Hole dengan bahan bakar pertamax menurunkan daya sebesar 0,55%, Injektor 10 Hole dengan bahan bakar pertalite menurunkan daya sebesar 0,77%, dan Injektor 10 Hole dengan bahan bakar pertamax menurunkan daya sebesar 0,6%, (c) Pengujian konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) menghasilkan SFC rata-rata tertinggi menggunakan Injektor 6 Hole bawaan pabrik dengan bahan bakar pertalite pada 1500 Rpm, Injektor 6 Hole bawaan pabrik dengan bahan bakar pertamax menaikkan SFC rata-rata sebesar 0,4%, Injektor 8 Hole dengan bahan bakar pertalite menaikkan SFC rata-rata sebesar 0,7%, Injektor 8 Hole dengan bahan bakar pertamax menaikkan SFC rata-rata sebesar 1,8%, Injektor 10 Hole dengan bahan bakar pertalite menaikkan SFC rata-rata sebesar 15%, dan Injektor 10 Hole dengan bahan bakar pertamax menaikkan SFC rata-rata sebesar 6,6%, (2) Pada pengujian emisi gas buang pada 1500 Rpm menghasilkan gas CO terbaik menggunakan Injektor 6 Hole bawaan pabrik dengan bahan bakar pertamax menurunkan CO sebesar 0,23%. Gas HC terbaik menggunakan Injektor 6 Hole bawaan pabrik dengan bahan bakar pertamax menurunkan HC sebesar 1%. Gas CO?  terbaik menggunakan Injektor 6 Hole bawaan pabrik dengan bahan bakar pertamax menaikkan CO? sebesar 0,13%. Gas O? terbaik menggunakan Injektor 6 Hole bawaan pabrik dengan bahan bakar pertamax menaikkan O? sebesar 0,2%. Hasil pengujian menunjukkan semua hasil emisi gas buang masih dibawah ambang batas nilai emisi gas buang yang telah ditentukan oleh pemerintah.


 


Kata Kunci: Variasi Hole Injektor, Bahan Bakar, Performa Mesin dan Emisi Gas Buang

References

Arifin, Z. dan Sukoco, D. 2009. Pengendalian Polusi Kendaraan. Bandung: Alfabeta.

Astra Honda Motor. 2014. Pedoman Pemilik Beat PGM-FI. Jakarta: Honda Motor Co., Ltd., PT Astra Honda Motor.

Tim Teknologi Otomotif. 2018. Teknologi Otomotif Modern Volume 3. Bandung: Pakar Raya.

Solikhin, M. 2011. Diagnosis Sistem Injeksi Elektronik. Yogyakarta: Skripta.

Afwan, M.A. 2019. Pengaruh Penggunaan ECU Standar dan ECU Juken dengan Variasi Injektor Terhadap Torsi dan Daya Sepeda Motor Yamaha V-ixion. SKRIPSI. Semarang: Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/36393/1/5202415087_.pdf (diunduh 5 April 2021).

Al-Muhsen, N.F.O, Y. Huang dan G. Hong. 2019. Effects Of Direct Injection Timing Associated With Spark Timing On A Small Spark Ignition Engine Equipped With Ethanol Dual-Injection. Elsevier ScienceDirect International Journal Fuel Volume 239, 1 March 2019 Pages 852-861. Australia: School Of Mechanical And Mechatronic Engineering University Of Technolgy Sydney, School Of Civil And Environmental Engineering University Of Technolgy Sydney. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0016236118318428.pdf (diunduh 28 April 2021).

Alam, A.P. 2019. Pengaruh Variasi Injektor Hole Terhadap Torsi, Daya dan Emisi Gas Buang Yamaha Aerox 155 VVA. SKRIPSI. Semarang: Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/35471/.pdf (diunduh 5 April 2021).

Ardiyanta, A.S. 2020. Platinum Spark Plug Gap Adjusment To Fuel Consumption And CO Emission At 110cc Engine. Atlantis Press Proceedings Of The International Seminar Of Science And Applied Technology (ISSAT 2020) Advances In Engineering Research Volume 198, 22 December 2020 Pages 436-440. Indonesia: Automotive Technology Vocational Education Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. https://www.atlantis-press.com/proceedings/issat-20/125949822.pdf (diunduh 28 April 2021).

Hermawan, M.V dan A.E. Winarta. 2020. Studi Eksperimen Pengaruh Jumlah Lubang Nosel Injektor Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor. Journal Teknika Edisi 23 ATW Vol. 26 No. 3 Maret 2020. Sukoharjo: Program Studi Teknik Mesin Sekolah Tinggi Teknologi Warga Surakarta. https://jurnal.sttw.ac.id/index.php/jte/article/view/91.pdf (diunduh 5 April 2021).

Huang, Y. dan G. Hong, 2016. Investigation Of The Effect Of Heated Ethanol Fuel On Combustion And Emissions Of An Ethanol Direct Injection Plus Gasoline Port Injection (EDI+GPI) Engine. Elsevier ScienceDirect International Journal Energy Conversion And Management Volume 123, June 2016 Pages 338-347. Australia: School Of Electrical Mechanical And Mechatronic Systems University Of Technolgy Sydney. https://scholar.google.com/scholar?cluster=4509702323561117505&hl=id&as-sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3DZGri-RnuxzlJ.pdf (diunduh 28 April 2021).

Irawan, A. 2019. Pengaruh Penambahan Injektor Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Yamaha Mio J Pada Beberapa Variasi Penyemprotan Nahan bakar. SKRIPSI. Semarang: Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. https://libunnes.ac.id/35497/1/5212412049_Optimized.pdf (diunduh 5 April 2021).

Jaedun, A. 2011. Metodologi Penelitian Eksperimen. Makalah Disampaikan Pada Kegiatan In Service I Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Oleh LPMP. Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY Puslit Dikdasmen Lemlit UNY. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131569339/pengabdian/metode-penelitian-eksperimen.pdf (diunduh 5 April 2021).

Kurniawan, R. 2018. Analisis Pengaruh Penggunaan Injektor Terhadap Unjuk Kerja Honda Beat FI. Jurnal Teknik Mesin UBL Vol. 5 No. 2 April 2018. Bandar Lampung: Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Mesin Universitas Bandar Lampung. http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/JTM/article/view/1205.pdf (diunduh 5 April 2021).

Maridjo, I.Y dan R. Angga. 2019. Pengaruh Pemakaian Bahan Bakar Premium, Pertalite dan Pertamax Terhadap Kinerja Motor 4 Tak. Jurnal Teknik Energi Vol. 9 No. 1 November 2019. Bandung: Jurusan Teknik Konversi Energi Politeknik Negeri Bandung. https://jurnal.polban.ac.id/energi/article/view/1648.pdf (diunduh 5 April 2021).

Prihartono, J. 2020. Perbedaan Pengaruh Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektrik Dengan dan Tanpa Dilengkapi Sistem Pengaturan Waktu Buka Tutup Katup, Terhadap Performa Mesin, Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang. Presisi Jurnal Teknik Mesin-FTI Vol. 22 No. 1 Januari 2020. Jakarta: Institut Sains dan Teknologi Nasional. https://ejournal.itsn.ac.id/index.php/presisi/article/view/738.pdf (diunduh 5 April 2021).

Purnomo, T.B. 2013. Perbedaan Performa Motor Berbahan Bakar Premium 88 dan Motor Berbahan Bakar Pertamax 92. SKRIPSI. Semarang: Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/19197.pdf (diunduh 26 April 2021).

Raharjo, W.D. dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Buku Ajar PTM Cetakan Pertama. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press. https://www.scribd.com/doc/16559861/Buku-Ajar-PTM307-Mesin-Konversi-Energi.pdf (diunduh 5 April 2021).

Ramdani, S. 2015. Analisis Pengaruh Variasi CDI Terhadap Performa dan Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 110 CC. Jurnal Teknik Mesin (JMT): Vol. 4 No. 3, Oktober 2015. Jakarta: Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Analisis+pengaruh+variasi+CDI+terhadap+performa+dan+konsumsi+bahan+bakar+vario+110cc&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DL5OKheuZBQoJ.pdf (diunduh 5 April 2021).

Susilo, J. 2017. Modification Of Cylinder Head Of Performance Motorcycle. The 4th International Conference On Engineering And Technology Development (ICETD 2017). Indonesia: Study Program Mechanical Engineering Faculty Of Engineering University Of Bandar Lampung. http://articel.ubl.ac.id/index.php/icetd/article/view/1012.pdf (diunduh 28 April 2021).

Suthisripok, T., N. Phusakol, dan N. Sawetkittirut. 2017. Bi-Fuel System-Gasoline / LPG in A Used 4-Stroke Motorcycle-Fuel Injection Type. 5th Asia Conference on Mechanical and Materials Engineering (ACMME 2017) 9-11 June 2017 Tokyo Japan IOP Publishing IOPSciense IOP Conference Series: Materials Science and Engineering Volume 241 (1) (2017) 010221. Thailand: Automotive Engineering Department College Of Engineering Rangsit University. https://iopScience.iop.org/article/10.1088/1757-899x/241/1/012021/meta.pdf (diunduh pada 28 April 2021).

Wirawan, T.S. 2018. Analisis Bahan Bakar Bensin Terhadap Performansi dan Nilai Ekonomi Motor Bensin CM11. Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M). Makassar: Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Analisis+bahan+bakar+bensin+terhadap+performansi+dan+nilai+ekonomi+motor+bensin&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3D61LSt0q5wvYJ.pdf (diunduh 5 April 2021).

Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 Tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri. https://migas.esdm.go.id/uploads/regulasi/regulasi-kkkl/2017/kepdirjen-no.-0486.k_10_djm.s_2017-(spesifikasi-bbm-bensin-90).pdf (diunduh 9 April 2021).

Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 3674.K/24/DJM/2006 Tentang Standar Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri. https://jdih.esdm.go.id/storage/document/kepdjm-3674-2006.pdf (diunduh 9 April 2021).

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2006 Tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraaan Bermotor Lama Kendaraan Bermotor Kategori L. https://jdih.mkri.id/mg58ufsc89hrsg/Permen_No_05_Th_2006.pdf (diunduh 9 April 2021).

BPS-Badan Pusat Statistik. 2021. Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis, 1949-2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS-Statistics Indonesia). https://www.bps.go.id/LinkTableDinamis/View/id/1133 (diakses 9 April 2021).

BPH MIGAS. 2019. Konsumsi BBM Nasional Per Tahun. Jakarta: Gedung BPH MIGAS. https://www.bphmigas.go.id/Konsumsi-bbm-nasional/# (diakses 9 April 2021).

Cornelia. 2020. Cara Menambah Kecepatan Motor Matic Injektion. https://kitfolio.com/cara-menambah-kecepatan-motor-matic-injection (diakses 5 April 2021).

Mulia, J.L. 2018. Motor Paling Laris di Indonesia, Silakan Tengok Daftar 10 Besarnya. https://www.google.com/amp/s/otomotifnet.gridoto.com/amp/read/231156437/motor-paling-laris-di-indonesia-silakan-tengok-daftar-10-besarnya (diakses 5 April 2021).
Published
2022-05-13
How to Cite
ROBIANTO, Robianto; MAHENDRA, Sena; FATRA, Fahmy. ANALISIS VARIASI HOLE INJEKTOR DAN BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR MATIC 4 TAK 110 CC. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 190-206, may 2022. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2108>. Date accessed: 05 dec. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.