PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PENDIDIKAN JARAK JAUH (PJJ) TERHADAP SISTEM KELISTRIKAN BODI SMK PALAPA SEMARANG

  • Muhammad Solli Alai Rohman Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fuad Abdillah Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Toni Setiawan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Sejak Bulan Maret 2020 satuan pendidikan di Indonesia memberlakukan program Belajar di Rumah, atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sejak Covid-19 masuk ke Indonesia. Pembelajaran jarak jauh dilakukan menggunakan media sosial, Ketidak tertarikan siswa terhadap materi dan proses pembelajaran jarak jauh akhirnya membuat kompetensi siswa terhadap mata pelajaran dasar-dasar mesin mengalami penurunan.


Tujuan penelitian adalah: 1) mengetahui penggunaan media sosial, (2) mengetahui model pembelajaran jarak jauh, (3) mengetahui pengaruh media sosial dan proses pembelajaran jarak jauh terhadap Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi siswa kelas XI SMK Palapa Semarang.


Penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif bersifat expost facto. Pengumpulan data dokumentasi dan angket. Populasi 101 siswa. Sampel teknik proportional random sampling Rumus Slovin didapat jumlah sampel 80 siswa. Pengujian data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis data menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) menggunakan bantuan program pengolah data spss versi 22.0.


Hasil analisis penggunaan media sosial dalam kategori sangat baik, model pembelajaran jarak jauh kategori sangat baik, dan Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi kategori kompeten. Uji T variabel penggunaan media sosial terhadap Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi memperoleh nilai sig. sebesar 0,002 lebih rendah dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha1 diterima, uji T model pembelajaran jarak jauh terhadap Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi memperoleh nilai sig. sebesar 0,003 lebih rendah dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha2 diterima. Ada pengaruh positif antara penggunaan media sosial dan model pembelajaran jarak jauh terhadap Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi siswa kelas XI program keahlian Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi SMK Palapa Semarang. pada uji F perolehan nilai sig. F sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 (? = 5%) sehingga Ha3 diterima. Besarnya pengaruh penggunaan media sosial dan model pembelajaran jarak jauh terhadap Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi ditunjukkan pada uji R2 (determinan) 17,9 % dan 82,1 % dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


 


Kata kunci : Penggunaan Media Sosial, Model Pembelajaran Jarak Jauh, Kompetensi Sistem Kelistrikan Bodi

References

Alamiyah, S. S., Zamzamy, A., & Rasyidah, R. (2017). Pendampingan dan Pengawasan dalam Penggunaan Media Sosial. Surabaya: CSGS (Cakra Studi Global Strategis).

Andreas,Kaplan M , Haenlin Michael. 2010 "Users of the world, unite!The Challengs and Opportunities of social media.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains, 1(2): 308-318.

Cahyono, Anang Sugeng. 2016. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia.” Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung.

Elvina, Elvina,. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm).” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen). DOI: 10.36987/ECOBI.V2I1.722.

Gasong, Dina. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Sleman: Penerbit Deepublish.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam.2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.Edisis Ketiga. Semarang: Universitas Diponegoro

Gunawan, M. A. A. (2017). Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak. Universitas Diponegoro.

Hadi, Ananda Elyas. 2018. Penggunakan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.

Harsanto, Budi. 2014.Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Menggunakan Google Sites dan Media Sosial. Bandung: Unpad Press.

Husain, Chaidar. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan Husain. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 2, Nomor 2, Juli 2014; 184-192 ISSN: 2337-7623; EISSN: 23377615

Ivo Yani, Penerapan E learning dalam pemebelajaran, http://www.bpplsp-reg1.go.id/e-learning.php?do=news&id=13(diakses pada tanggal 26 Mei 2021)

Jatmoko, Dwi. 2013. “Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Terhadap Kebutuhan Dunia Industri Di Kabupaten Sleman.” Jurnal Pendidikan Vokasi. doi: 10.21831/jpv.v3i1.1572.

Lesmana, Tesis Analisis Pengaruh media social twitter terhadap pembentukan Brand attachment ( studi: PT.XL AXIATA), (Program magister manajemen, fakultas ekonomi, universitas Indonesia). Hal 10-11

Nabila Hilmy Zhafira, Yenny Ertika, Chairiyaton. 2020. “Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi.” Jurnal l Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.

Nawawi, Ismail, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, CV.Dwi Putra Pustaka,Jakarta

Pakpahan, Roida, and Yuni Fitriani. 2020. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19.” JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh).

Prawiyogi, Anggy Giri, Andri Purwanugraha, Ghulam Fakhry, and Marwan Firmansyah. 2020. “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di SDIT Cendekia Purwakarta.” Jurnal Pendidikan Dasar.

Putri, Wilga Secsio Ratsja, Nunung Nurwati, and Meilanny Budiarti S. 2016. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. doi: 10.24198/jppm.v3i1.13625.

Rahmawati, Tutik dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Ridwan, M. 2011. Pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap prestasi belajar siswa Kelas XII Akuntansi Mata Pelajaran Fiqih di SMK YPM 3 Taman Sidoarjo. Doctoral dissertation. IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Rusman. 2017. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Grafindo.

Simanihuruk, Lidia, dkk. 2019. E-learning: Implementasi, Strategi, dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Rineka Cipta.

Spencer. dalam Moeheriono 2015 Tentang karakteristik kompetensi.Surabaya:Ghalia Indonesia`

Subiyakto, B., & Akmal, H. (2020). Profesi Keguruan.

Sudarmanto.2015.Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM,Edisi tiga Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, Numiek Hanum. 2019. Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Seandhy Putra Purwokerto).

Sungkono, Sungkono. 2005. “Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi.” Majalah Ilmiah Pembelajaran.
Published
2022-12-28
How to Cite
ROHMAN, Muhammad Solli Alai; ABDILLAH, Fuad; SETIAWAN, Toni. PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PENDIDIKAN JARAK JAUH (PJJ) TERHADAP SISTEM KELISTRIKAN BODI SMK PALAPA SEMARANG. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1 - 12, dec. 2022. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2394>. Date accessed: 18 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.