PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE DAN ETOS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 JAMBU

  • Mukhamad Khasanudin Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Nuraedhi Apriyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fahmy Fatra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Mukhamad Khasanudin (C3217110023), pengaruh pembelajaran online dan etos belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan (PMKR) siswa kelas XI SMK Negeri 1 Jambu. Skripsi. Semarang. Pendidikan Vokasional Teknik Mesin. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Ivet Semarang. Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh pembelajaran online dan etos belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan (PMKR) siswa kelas XI SMK Negeri 1 Jambu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif ex-post facto. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO di SMK Negeri 1 Jambu, terdiri dari 4 kelas dengan populasi sebanyak 133 siswa dan diambil sempel sebanyak 112 siswa dengan presentasi kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Instrumen kuesioner atau angket divalidasi dengan uji validitas konstruk serta analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran online dan etos belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pembelajaran Online berpengaruh positif signifikan terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Jambu yang ditunjukan nilai thitung > ttabel sebesar (2,857 > 1,658) nilai signifikasi 0,005 < 0,05 dan sumbangan relatifnya sebesar 58,1%. (2) Etos Belajar berpengaruh positif signifikan terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Jambu yang ditunjukan nilai thitung > ttabel sebesar (3,827 > 1.658) nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan sumbangan relatifnya sebesar 60,3%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pembelajaran Online Dan Etos Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) siswa kelas XI SMK Negeri 1 Jambu yang ditunjukan dengan Fhitung 94,485 > Ftabel 2,696 nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan sumbangan relatifnya sebesar 62,7%.


Kata Kunci: Pembelajaran Online, Etos Belajar, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan

References

Arikunto, S.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Rineka Apta, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiono. 2010. Belajar Analisis Data Sampel. Bandung: Alfabeta.

Singarimbun, Masri dan, Effendi, Sofyan. 1995. Metode Penelitian Survei: LP3ES.

Guilford, J.P. 1956. Fundamental Statistic in Psychology and Education. 3rd Ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.

Ali Muhson. 2005. Diktat Mata Kuliah: Aplikasi Komputer. Pendidikan Ekonomi FISE UNY.
Published
2022-12-28
How to Cite
KHASANUDIN, Mukhamad; APRIYANTO, Nuraedhi; FATRA, Fahmy. PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE DAN ETOS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 JAMBU. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 22 - 34, dec. 2022. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2396>. Date accessed: 20 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joveat.v4i2.2396.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.