EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MODEL POJECT BASED LEARNING ( PJBL ) TERHADAP MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK AL – FALAH WINONG
Abstract
Munculnya wabah COVID-19 di Indonesia mengakibatkan kendala dalam berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan. Kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring. Banyak siswa kelas X TBSM SMK AL-FALAH WINONG yang mengeluhkan tentang pelaksanaan pembelajaran daring, khususnya pada mata pelajaran gambar teknik. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran daring. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran daring adalah model Poject Based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui ketuntasan belajar secara klasikal dalam pembelajaran daring dengan model Project Based Learning (PJBL) pada mata pelajaran gambar teknik. (2) mengetahui rata-rata nilai siswa dalam pembelajaran daring dengan model Project Based Learning (PJBL) pada mata pelajaran gambar teknik telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). (3) mengetahui efektivitas pembelajaran secara daring dengan model Project Based Learning (PJBL) pada mata pelajaran gambar teknik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X TBSM dan sampel penelitian adalah siswa kelas X TBSM 1 dan X TBSM 3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes. Hasil tes gambar teknik siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan hasil uji proporsi diperoleh nilai z = 1,68 > 1,65 = . Sehingga terbukti bahwa siswa yang tuntas di kelas penelitian lebih dari 75%. Sedangkan untuk menguji ketuntasan belajar secara rata-rata digunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 4,701 > 1,69 = t tabel. Sehingga terbuti bahwa kemampuan tes gambar teknik siswa mencapai ketuntasan belajar secara rata-rata.
Kata kunci : Pembelajaran Daring, Model Poject Based Learning (PJBL), Gambar Teknik
References
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Fathurrohman, Muhammad. 2016. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Lestari, I.D., dkk. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kecakapan Komunikasi Siswa pada Konsep Biodiversitas.
Emasains:Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 83–87.
Maudi, N. 2016. Implementasi Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1),39–43.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nisa, A.R.K. & Aninditya, S.N. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam PJJ terhadap Pemahaman Materi. Alinea : Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajaran. Vol. 10 (1), hal. 61-66. P-ISSN: 2301-6345, E-ISSN: 2614-7599. http://jurnal.unsur.ac.id/ajbsi.
Oktavian, Riskey, & Riantina Fitra Aldya. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No.2. e-issn 2614-0578 p-issn 1412-5889. Universitas Kristen Indonesia, Universitas Tribhuwana Tunggadewi.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosda Karya.
Sugihartono. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukestiyarno. 2012. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS (Cetakan 4). Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.