PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM STARTER MENGGUNAKAN PBL DENGAN MEDIA VIDEO DI SMK

  • Nurdiana Sofiani Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Aunu Rofiq Djaelani Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Nuraedhi Apriyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa,peningkatan keaktifan belajar siswa,dan penerapan metode pembelajaran problem based learning dengan media video sistem starter oleh guru.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes evaluasi dan observasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif untuk memaparkan hasil nilai yang diperoleh siswa dan kualitatif untuk memaparkan lembar observasi.


Hasil Penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kompetensi sisten starter melalui problem based learning dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TBSM 2 SMK PGRI 1 Taman. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa dari 54% menjadi 91%. Guru mendekati siswa yang belum dan kurang aktif untuk diberikan arahan supaya lebih aktif baik mendengar, menanya dan menanggapi untuk lebh memahami materi yang di sampaikan kelompok lain. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dengan media video sistem starter dapat meningkatkan hasil belajar perawatan sistem starter pada siswa kelas XI TBSM 2 SMK PGRI 1 Taman Pemalang.


 


Kata kunci : Problem Based Learning, Peningkatan hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan kinerja guru  pada perawatan sistem starter.

References

Daryanto, 2004, Teknik Reparasi dan Perawatan Sepeda Motor, Bumi Aksara. Jakarta

E.Mulyasa, 2016, Menjadi Guru Propesional. RemajaPosdaKarya. Bandung.

Febri Wigi Arso, 2016, Peningkatan Kompetensi Rangkaian Sistem Pengisian melalui metode Problem Based Learning dengan Animasi pada Siswa Kelas XI TKR B SMK Syafa’atul Ummah Banjaratma Bulakamba Brebes, Skripsi Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan IKIP Veteran Semarang

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013, Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor .VEDC Malang.

M. Hosnan, 2014, Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21, Ghalia Indonesia, Bogor.

Sadirman, 2005. Media Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Sukrisno Wanto, 2020, Peningkatan Hasil Belajar Sistem Starter Mealui Model Prolem Based Learning dengan Media Trainer pada Siswa pada Siswa XI TKRO SMK Islam Al-Fadhila Kabupaten Demak”

Suharsimi, Arikunto, 2006, Penelitian Tindakan Kelas. BumiAksara. Jakarta.

SyaefulBahri, Djamarahdan Aswan Zain, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta
Published
2022-12-28
How to Cite
SOFIANI, Nurdiana; DJAELANI, Aunu Rofiq; APRIYANTO, Nuraedhi. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISTEM STARTER MENGGUNAKAN PBL DENGAN MEDIA VIDEO DI SMK. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 42 - 47, dec. 2022. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2399>. Date accessed: 20 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joveat.v4i2.2399.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.