HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENGALAMAN PENUNJANG TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTIK OTOMOTIF SISWA PROGRAM STUDI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 GUNEM
Abstract
Motivasi berprestasi adalah usaha dan keyakinan individu untuk mewujudkan tujuan belajar dengan standar keberhasilan tertentu dan mampu mengatasi segala rintangan yang menghambat pencapaian tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui hubungan motivasi berprestasi terhadap kemampuan praktik otomotif siswa SMK N 1 Gunem, 2). Mengetahui hubungan pengalaman penunjang terhadap kemampuan praktik otomotif siswa SMKN 1 Gunem, 3). Mengetahui hubungan motivasi berprestasi dan pengalaman penunjang terhadap kemampuan praktik otomotif siswa smkn 1 Gunem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan kemampuan praktik otomotif Siswa Kelas XI Program Studi Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Gunem. Adapun koefisien korelasi ditemukan sebesar 1,2% berarti bahwa semakin tinggi motivasi berprestasi siswa maka akan diikuti meningkatnya kemampuan praktik otomotif . (2) Ada hubungan yang signifikan antara pengalaman penunjang dengan kemampuan praktik otomotif siswa kelas XI Program Studi Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Gunem. Adapun koefisien korelasi ditemukan sebesar 36,8% berarti bahwa semakin tinggi pengalaman penunjang siswa maka akan diikuti meningkatnya kemampuan praktik otomotif . (3) Ada hubungan yang signifikan secara Bersama-sama antara motivasi berprestasi dan pengalaman penunjang dengan kemampuan praktik otomotif. Adapun variabel motivasi berprestasi dan pengalaman penunjang memiliki kontribusi pengaruh terhadap Kemampuan praktik otomotif siswa kelas XI Program Studi Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Gunem sebesar 81,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Motivasi Berprestasi, Pengalaman Penunjang, Kemampuan praktik otomotif
References
Hidayah. Nur., Atmoko. Adi., (2014). Landasan Sosial Budaya Dan Psikologi Pendidikan. Malang: Penerbit Gunung Samudera.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.
Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian.