PENGARUH PENGGUNAAN TRAINER SISTEM STARTER DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PERBAIKAN SISTEM STARTER SEPEDA MOTOR SISWA KELAS XII TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMK ISLAM SUDIRMAN TANGGUNGHARJO

  • Puji Rahayu Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Sena Mahendra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Bayu Ariwibowo Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menganalisis penggunaan media trainer sistem starter sepeda motor terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor (2) Untuk menganalisis kompetensi professional guru terhadap hasil belajar siswa (3) Untuk menganalisis pengaruh penggunaan trainer sistem starter dan kompetensi professional guru terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor diSMK Islam Sudirman Tanggungharjo


Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh sistem starter (X1) tehadap hasil belajar (Y) sebesar 95%, besarnya pengaruh kompetensi professional guru (X2) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 78% dan terdapat pengaruh trainer sistem starter (X1) dan kompetensi professional guru (X2) sebesar 96% terhadap hasil belajar (Y).


 


Kata Kunci : Trainer, kompetensi profesional, hasil belajar

References

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS Edisi 2. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hasan S. 2006. Analisis Perakitan Trainer Unit Berdasarkan Aplikasi Konsep Refrigerasi Pada Mata Kuliah Sistem pendingin (Bahankuliah). Bandung : UPI.

Mulyasa. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah : Meningkatkan produktifitas sekolah. Bandung : Remaja Rosda karya.

Peraturaran Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan . Jakarta

Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variable Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

------------.2008. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Andi Suryono. 2014. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alat Ukur Kelas X Jurusan teknik Sepeda Motor di SMK Tsamrotul Huda Jepara Tahun Akademik 2013/2014

Muhammad Ramadhan .2017. Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Rembang

Amin Fatah. 2017. Pengembangan Alat Peraga Sistem Starter Pada Kompetensi Dasar Diagnosis Gangguan Sistem Starter Sepeda Motor

Dwi Fembrianto. 2019. Peningkatkan Hasil Belajar Sistem Starter Melalui Metode Inquiry Dan Jobsheet Pada Siswa

Mila Destianasari. 2020. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sd Kelurahan Kemuning
Published
2022-12-28
How to Cite
RAHAYU, Puji; MAHENDRA, Sena; ARIWIBOWO, Bayu. PENGARUH PENGGUNAAN TRAINER SISTEM STARTER DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PERBAIKAN SISTEM STARTER SEPEDA MOTOR SISWA KELAS XII TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMK ISLAM SUDIRMAN TANGGUNGHARJO. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 56 - 69, dec. 2022. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2401>. Date accessed: 20 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joveat.v4i2.2401.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.