UJI PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG MOTOR INJEKSI 4 TAK MENGGUNAKAN VARIASI ROLLER DAN BUSI
Abstract
Peningkatan performa mesin adalah salah satu hal yang menjadi bahan riset untuk hasil yang lebih sempurna. Salah satu hal yang mempengaruhi performa mesin adalah sistem trasnmisi, pengapian, dan penggunaan bahan bakar. Penelitian ini mengaplikasikan variasi jenis roller dan busi. Kemudian dibandingkan dan dihitung kecepatan, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui daya dan torsi kendaraan sepeda motor matic 110 cc dengan variasi 3 busi, 2 jenis bahan bakar dan 4 jenis roller; (2) Untuk mengetahui konsumsi penggunaan bahan bakar sepeda motor apabila menggunakan 4 jenis roller berbeda (3) Untuk mengetahui emisi gas buang apabila menggunakan 3 jenis busi, 4 roller berbeda dan 2 bahan bakar yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data yang dihasilkan dari eksperimen itu sendiri dan kemudian diolah data hingga menghasilkan sesuai dengan tujuan metode penelitian
Hasil penelitian: (1) daya dan torsi dipengaruhi oleh factor busi, roller dan bahan bakar, dalam penelitian ini yang diunggulkan dalam torsi dan daya kendaraan adalah roller racing 9 gram, untuk bahan bakar pertamax yang paling tinggi peforma dan busi iridium merupakan busi yang memiliki torsi dan daya tertinggi; (2) Konsumsi bahan bakar yang paling banyak penggunaan yaitu menggunakan roller 9 gram hal ini dikarenakan roller 9 gram memiliki daya dan torsi besar; (3) emisi gas buang sepeda motor paling bagus dalam penggunaannya adalah busi standart. Hal ini dikarenakan roller standart sudah memenuhi kadar gas buang yang kecil sehingga mengurangi polusi udara.
Kata Kunci: Pengaruh CVT, Performa Sepeda Motor, Roller Motor Matic
References
Arends, BPM, Berenschot, H., 1980, Motor Bensin, Erlangga, Jakarta Bandung: Cv. Pustaka Setia.
Ghafur, Abdul. 2017. Pengaruh penggunaan roller cvt racing dengan pegas cvt racing terhadap daya dan torsi Honda beat 110cc menggunakan bahan bakar pertalite, pertamax dan pertamax turbo. Skripsi. Semarang : Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang
Hidayat, W. 2012. Motor Bensin Modern. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Jaedun, A. 2011. Metodologi Penelitian Eksperimen.Jakarta: Bumi Aksara.
Jama, J. dan Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor Vol 3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasonal.
Kumparan. 03 Maret 2021. Dongkrak Performa Motor Matic. https://kumparan.com/kumparanoto/resep-dongkrak-perfoma-motor-matik/full. (diakses pada 23 Maret 2021).
Raharjo W. D dan Karnowo.2008. Mesin Konversi Energi. Semarang : Universitas Semarang Press.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Djarot dan Mulyana. (2015). Sistem Pemindah Tenaga Sepeda Motor. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kursus Dan Pelatihan .
Ngarifin. (2010). Perhitungan Transmisi CVT.
Purnama, Pupung Budi. (2008). Memilih Roller Yang Tepat Untuk Motor Matic.
Rokhman, Taufiqur. (2012). Menghitung Torsi Dan Daya Mesin Pada Motor Bakar.
Sudaryanto. (2011). Sakti Pemeliharaan Transmisi. Bogor: CV. Bina Pustaka. Dalam (Restu Prima Bagus Wibowo:2012)