PENGARUH PENGGUNAAN INJEKTOR RACING DENGAN VARIASI BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG MESIN 4 TAK 150 CC
Abstract
Perkembangan teknologi setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan dan khususnya pada bidang otomotif sendiri. Teknologi otomotif sendiri di dalamnya selalu berinovasi untuk meningkatkan kinerja atau pres tasi suatu mesin, hal tersebut membuat perkembangan teknologi yang semakin pesat. Contohnya dalam sistem kerja dari sistem pembakaran konvensioal menjadi sistem bahan bakar injeksi atau lebih dikenal dengan istilah EFI (Electronic Fuel Injection). Prinsip injektor berfungsi untuk mengkabutkan bahan bakar menjadi partikel partikel agar proses pembakaran menjadi lebih optimal. Dan dalam pengembangan teknologi ada juga sparepart yang dapat menambah suplai bahan bakar yaitu injektor racing agar peforma dapat naik dari setelan standar. Dalam kalangan masyarakat banyak yang menggunakan injektor racing tersebut tapi belum banyak yang tahu data valid apakah berdampak menaiknya peforma mesin, dan emisi gas buang setelah menggunakan injektor racing tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian adalah kuantitatif jenis eksperimen. Tujuan Penelitian ini adalah 1). Menganalisis pengaruh penggunaan Injektor racing dengan variasi bahan bakar terhadap peforma mesin 4 Tak 150 cc yang meliputi torsi, daya, dan SFC. dan 2). Menganalisis pengaruh penggunaan Injektor racing dengan variasi bahan bakar terhadap emisi gas buang mesin 4 tak 150 cc.
Hasil penelitian ini adalah : 1). Terdapat pengaruh pada pengujian daya menghasilkan daya tertinggi pada penggunaan Injektor standart dengan bahan bakar Pertalite sebesar 1,170 Hp pada Rpm 4500. Pengujian torsi tertinggi pada penggunaan Injektor racing dengan Pertamax turbo sebesar 17,5 Nm. Pengujian konsumsi bahan bakar (Sfc) terendah Injektor standart dengan Pertamax sebesar 0,108 Hp.kg/jam. 2). Terdapat pengaruh pada pengujian emisi gas buang, menunjukkan penurunan, kenaikan dan masih memenuhi pengujian emisi gas buang.
Kata Kunci : Injektor racing, Variasi bahan bakar, Performa dan emisi gas buang
References
Akhtar, H. 2018. Analisis Paired Sample T-Test Dengan SPSS.
Arifin, Zainal dan Sukoco. 2009. Pengendalian Polusi Kendaraan. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta
Arismunandar, Wiranto. 2002. Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Penerbit ITB Bandung.
Ashari A, A. Wahab, E. Marlina. 2016. “Pengaruh Variasi Tekanan Injektor, dan Putaran Terhadap Performa, dan Gas Buang Pada Motor”. Jurnal Teknik Mesin. 2(2):5
Eka, N. J., Hakam, M, dan Santiasih, I. 2014. Emisi Gas Carbon Monoksida (CO) Dan Hidrocarbon (HC) Pada Rekayasa Jumlah Blade Turbo Ventilator Sepeda Motor Supra X 125 Tahun 2006.Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Gaikindo. 2021. Hasil Sensus BPS : Jumlah Kendaraan Bermotor di Indonesia Tembus 133 Juta Unit.
Iyer, Narayan V. 2012. A Technical Assessment of Emissions and Fuel Consumption Reduction Potential From Two and Tree Wheelers in India. Prepared for: the International Council on Clean Transportation. Washington DC.
Jannah, K., M. 2015. Pertalite Versus Premium.
Kumar V. Vinoth. 2012. Real Time Fuel Injection In SI Engine Using Electronic Instrumentation. International Journal of Engineering Science and Technology (IJEST). Vol. 4 No. 5.
Nugraha, Beni S. 2007. Aplikasi Teknologi Injeksi Bahan Bakar Elektronik (EFI) Untuk Mengurangi Emisi Gas Buang Sepeda Motor. Jurnal Ilmiah Populer dan Teknologi Terapan, 5/2: 692-706. ISSN 1693-3745.
Purnomo, T.B., 2013. Perbedaan Performa Motor Berbahan Bakar Premium 88 Dan Motor Berbahan Bakar Pertamax 92. Skripsi. Semarang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.
Raharjo, W. D. dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Cetakan Pertama. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Soenarta N. dan Shoichi F. 2002. Motor Serba Guna (Small Engine for General Use). Jakarta: Pradnya Paramita.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suheri, I, M,. 2018. Analisis Konsumsi Bahan Bakar Jenis Premium, Pertalite Dan Pertamax Yang Terpasang Pada Sepeda Motor 125cc. Skripsi. Universitas Medan Area.
Sukidjo, FX. 2011. Performa Sepeda Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Premium Dan Pertamax. Forum Teknik,. 34/1. Program Dipoma Teknik Mesin Sekolah Vokasi UGM.
Tristianto, V. 2017. Pengaruh Penggunaan Injektor Vixion Dan ECU Racing Pada Sepeda Motor Mio J Terhadap Daya Motor. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.
Wahyudi, N. 2016. Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Perubahan Sudut Injektor pada System EFI Terhadap Performa Motor 4 Langkah. Journal of Electrical Electronic Control and Automotive Engineering (JEECAE) Vol.1 No.1.