PENGARUH TEACHING FACTORY DAN SARANA PRASARANA BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR KOMPETENSI SISTEM REM

  • Qoniatul Masruroh Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Nuraedhi Apriyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fahmy Fatra Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Mohammad Khoirul Bahar Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  menjelaskan pengaruh Teaching factory dan sarana prasarana bengkel terhadap hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor kompetensi sistem rem kelas XI TBSM SMK Palapa Semarang. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan ex post facto, dimana penelitian ini mengkaji pengaruh variabel bebas Teaching factory (X1) dan sarana prasarana bengkel (X2), terhadap variabel terikat hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor kompetensi sistem rem(Y). Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji validasi dan realibilitas,uji analisis deskriptif, uji linier berganda, uji t, uji f dan uji koefesien determinan. Hasil uji hipotesis teaching  factory  berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor kompetensi sistem remkelas XI TBSM SMK Palapa Semarang dengan menunjukan nilai thitung > ttabel sebesar (7,032 > 2,660) nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan sumbangan relatifnya sebesar 58%. (2) Sarana prasarana berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor kompetensi sistem remkelas XI TBSM SMK Palapa Semarang yang ditunjukan nilai thitung > ttabel sebesar (8,063 > 2,660) nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan sumbangan relatifnya sebesar 62,5%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara teaching factory Dan Sarana prasarana Terhadap hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor kompetensi sistem remkelas XI TBSM SMK Palapa Semarang yang ditunjukan dengan Fhitung 135,485 > Ftabel 2,660 nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan sumbangan relatifnya sebesar 76,4%.


 


Kata Kunci: Teaching factory, Sarana Prasarana, Hasil Belajar Sistem Rem

References

Aji, Eko Wahyu, 2019. Pengaruh Kompetensi Guru dan Sarana Prasarana Bengkel Terhadap Hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan sasis sepeda motor kompetensi sistem rem Kelas XI TBSM SMK Muhammadiyyah Batang. Semarang. Universitas Ivet Semarang.

Darmawan, 2014. Jurnal Management Sarana Prasarana.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2019. Grand Design Pengembangan Teaching factory dan Technopark di SMK. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
http://smk.kemdikbud.go.id/konten/1870/teachingfactory. (diakses pada tanggal 24 Juni 2021)

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Ibrahim Bafadal. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad Rif, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Teaching factory 6 Langkah (Model TF-6M) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Pengelasan Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan (PKKWU). Binjai: Universitas Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/37141/ (diakses pada tanggal 07 September 2021)

Nana, Sudjana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Aglisindo.

Nawawi, Bafadal Ibrahim. 2008. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendiknas. 2005. Standar Nasional Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Risnawati Ely, 2020. Pengaruh Pola Pembelajaran-Training dalam Teaching factory Alfamart Class dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran pada Dua SMK di Kabupaten Gresik. Surabaya: universitas Negeri Surabaya. https://core.ac.uk/download/pdf/322568028.pdf (diakses 19 September 2021)

Sugiyono, 2013. Metode Peneltian Kuantitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Wahyudin, Ahmad Nur. 2020. Pengaruh Kreativitas Guru dan Sarana Prasarana Bengkel Otomotif Terhadap Prestasi Belajar Sistem Kelistrikan Body Kelas XI TKR SMK Negeri 3 Kendal. Semarang: Universitas Ivet Semarang.
Published
2023-05-31
How to Cite
MASRUROH, Qoniatul et al. PENGARUH TEACHING FACTORY DAN SARANA PRASARANA BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS SEPEDA MOTOR KOMPETENSI SISTEM REM. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-8, may 2023. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2602>. Date accessed: 18 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joveat.v5i1.2602.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.