PENINGKATAN KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI PRINSIP KERJA SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK SEPEDA MOTOR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TRAINER
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK)ini bertujuan (1) mengkaji peningkatan kompetensi peserta didik (2)mengkaji peningkatan keaktifan siswa dan (3) mengkaji penerapan metode pembelajaran oleh guru kompetensi system pengapian elektronik. Subyekdalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI TBSM 1 SMK Pembangunan Nasional Purwodadi-Grobogan
Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan metode pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kompetensi system pengapian elektronikdengan media trainer pada kelas XI TBSM 1 SMK Pembangunan Nasional Purwodadi-Grobogan ,terbukti adanya peningkatan dari prasiklus sebesar 39,39%,siklus I sebesar 63,63%,siklus II sebesar 93,93%.sehingga lebih besar dari indicator keberhasilan penelitian sebesar 85% dan dilihat dari hasil ulangan nilai rata-rata prapenelitian 69,5,siklus I sebesar 74,5 dan siklus II sebesar 79,3 sehingga lebih besar dari indicator keberhasilan penelitian 76.(2)penerapan pembelajaran problem based learning dengan media Trainer dalam meningkatkan keaktifan siswa dan (3) penerapan metode oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar mendapat kategori sangat baik.
Kata Kunci : Peningkatan system pengapian elektronik, problem based learning.
References
Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Darsono, Max. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Herman Hudojo. 1988. Strategi Mengajar Belajar. Malang: IKIP
Huda, miftahul. 2007. proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara. Jakarta : Rineka Cipta.
Baskoro, Leonardus. (2013). Penerapan metode PBL untukmeningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar. IKIP Veteran Semarang
Rizki, Muhammad. (2018)penerapan metode PBL untuk meningkatkan keaktifan siswa .semarang.IKIP Veteran
Sudjana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nurhadi. (2004). Metotede pembelajaran problem based learning. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sanjaya, Wina (2007). “Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan”. Bandung : PT. Kencana.
Suharsimi. (2008). “Penelitian Tindakan Kelas”. Malang: Hanum publiser
Ahmadi. (2005). “Metode Pembelajaran”. Surakarta: Mediatama
Widiyatmoko Wahyu Eko. (2018). “Pemelihan kelistrikan Sepeda Motor”. Surakarta : Mediatama.
Panen. (2001). ”Strategi Pembelajaran’’.bandung:hanum publisher
Soemadi & Soejono. (1979). Sistem kelistrikan dan bahan bakar Otomotif jilid 1 dan2. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Taufik Amin Mustofa, 2020 “peningkatan kompetensi system kelistrikan sepeda motor melalui model problem based learning dengan standar kelistrikan pada siswa”