PENGARUH PENGGUNAAN FUEL ADJUSTER IQUTECHE TERHADAP PEFORMA DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 150 CC TAHUN 2019

  • Ahmad Miftakhul Huda Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Nuraedhi Apriyanto Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Sena Mahendra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

A.Miftakhul Huda, NPM C3217210120. Pengaruh Penggunaan Fuel Adjuster Iquteche Terhadap Peforma Dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Honda Vario 150 Cc Tahun 2019. Tahun 2022. Skripsi.PVTMO. Fakultas Pendidikan Sains dan Teknologi. Universitas IVET Semarang. 99 Halaman.


Tujuan penelitian ini adalah; 1) Menganalisis penggunaan Fuel Adjuster Iquteche terhadap torsi sepeda motor Honda Vario 2019, 2) Menganalisis penggunaan Fuel Adjuster Iquteche terhadap daya sepeda motor Honda Vario 2019, 3) Menganalisis pengaruh penggunaan Fuel Adjuster Iquteche terhadap SFC sepeda motor Honda Vario 2019, 4) Menganalisis pengaruh penggunaan Fuel Adjuster Iquteche terhadap emisi gas buang sepeda motor Honda Vario 2019.


Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan jenis Deskriptif. Diharapkan dapat mengungkap berbagai informasi tentang pengaruh pengunaan Fuel Adjuster Iquteche terhadap peforma dan emisi gas buang yang dihasilkan.


Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Daya yang dihasilkan oleh motor Honda Vario 150 tahun 2019 dengan menggunakan bahan bakar pertamax lebih maksimal dalam daya kendaraan sepeda motor dan menghasilkan 30% lebih tinggi dari putaran 4000 sampai 7000 yang terlihat peningkatan signifikan. Ketika menggunakan Fuel Adjuster meningkat dengan presentase 37% hal ini disebutkan Fuel Adjuster lebih memberikan daya ekstra untuk kendaraan motor tersebut agar memaksimalkan daya. 2) Torsi yang dihasilkan oleh kendaraan Honda Vario 150 CC tahun 2019 lebih diunggulkan oleh bahan bakar pertalite dimana mencapai 18.4 menggunakan Fuel Adjuster 15-30-35 dengan rpm 4000. Sedangkan pertamax di rpm 4000 dengan Fuel Adjuster 15-30-35 hanya mencapai 7.933. 3) Honda Vario 150 CC tahun 2019 setelah melakukan berbagai uji maka ditemukan SFC yang signifikan stabil dari RPM 2500 sampai 6000 dan hanya mengalami kenaikan 20% sampai 30% setiap RPM. Pada RPM paling tinggi dihasilkan SFC dengan peningkatan lebih dari 50% yang menggunakan Fuel Adjuster sedangkan standart hanya mengalami peningkatan sampai 40% dengan RPM sampai 9000. 4) uji emisi gas buang dihasilkan gas CO baik dari standart dan menggunakan Fuel Adjuster dengan signifikan 15% dan bahan bakar dengan ramah lingkungan diperoleh pertamax dengan signifikan 12% dan hal tersebut juga sama dengan menggunakan Fuel Adjuster dimana Fuel Adjuster dapat lebih ramah gas CO.


 


Kata Kunci: Fuel Adjuster, Performa, Emisi Gas Buang

References

Arends dan Berenschot. 1980. Motor Bensin. Jakarta: Erlangga

Arif. A.. N. Hidayat. dan M. Y. Setiawan. 2017. Pengaruh Pengaturan Waktu Injeksi dan Durasi Injeksi Terhadap Brake Mean Effective Pressure dan Thermal Efficiency Pada Mesin Diesel Dual Fuel. Jurnal Invotek Vol. 17. No. 2

Budiman. L. 2013. Sedikit Mengenal Injeksi Injektor dan Warna-warna InjektorKendaraan.https://jurigkamera.wordpress.com/2013/11/16/sedikit- mengenal- injeksi- injektor-dan-warna-warna-injektor-kendaraan/ (diakses 14 April 2019).

BRT. 2013. Buku Panduan ECU Juken I-MAX Progammable Fuel Injection. PT. Trimentari Niaga (TMN).

Chaudhari. S. M.. dan M. H. Salvi. 2015. Smart Electronic Fuel Injection System Using Magnetic Fuel Vaporizer. International Journal of M echanical Engineering and Technology (IMJET) Volume 6. Issue 11.

Fahmi F. dan M. N. Yuniarto. 2013. Perancangan dan Unjuk Kerja Engine Control Unit (ECU) Iquteche Pada Motor Yamaha Vixion. Jurnal Teknik Pomits. Vol. 1. No. 1. (1-6).

Gridoto.com. 2011. Yamaha V-Ixion Bore Up 200 cc Buat Turing. https://otomotifnet.gridoto.com/read/231068578/yamaha-v-ixion-bore-up-200-cc-buat-turing#!%2F. (Diakses 29 Juli 2019).

Hartono. D.. M. Paloboran. B. Sudarmanta. 2017. Studi Eksperimental Pengaruh Mapping Waktu Pengapian dan Mapping Durasi Injeksi Serta Rasio Kompresi Terhadap Performansi dan Emisi Gas Buang Engine Cb150r Berbahan Bakar E50. Jurnal Teknik Mesin Indonesia. Vol. 12 No. 2.

Heywood. J. B. 1988. Internal Combustion Engine Fundamentals. Singapore: McGraw-Hill

Hidayat. W. 2012. Motor Bensin Modern. Cetakan Pertama. Jakarta: Rineka Cipta.

Jama. J. dan Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor. Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Kumar V. Vinoth. 2012. Real Time Fuel Injection In SI Engine Using Electronic Instrumentation. International Journal of Engineering Science and Technology (IJEST). Vol. 4 No. 5.

Kunjam. R. K.. P. K. Sen. dan G. Sahu. 2015. A Study on Advance Electronic Fuel Injection System. International Journal of scientific research and management (USRM) Volume 3 Issue 10 Pages 3608-3613.

Mastanaiah. M. 2013. Performance of Electronic Fuel Injection System Using Compressor and Controller. International Journal of Advanced Engineering Research and Studies (IJAERS) Vol.2 Issue 3 Pages 57-59.

Raharjo. W. D. dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Cetakan Pertama.Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Rahman. R. M.. D. Widjanarko. dan M. B. R. Wijaya. 2018. Perbedaan Unjuk Kerja Mesin Menggunakan Electronic Control Unit Tipe Racing dan Tipe Standar Pada Sepeda Motor Automatic. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. Vol. 3 No. 2 Hal. 138-143.

Ramdani S. 2015. Analisis Pengaruh Variasi CDI Terhadap Performa dan Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 110cc. Jurnal Teknik Mesin (JTM). Vol 04 No.3.

Renuraman. J. dan Karthick. M. 2015. Experimental Evaluation of Electronic Port Fuel Injection System in Four Stroke 125cc SI Engine. International Journal For Trends in Engineering & Technology. Volume 5 Issue 2.

Riyadi. S.. A. Suyatno. dan N. Fuhaid. 2015. Uji Kerja Injektor Terhadap Putaran dan Jenis Semprotan Menggunakan Alat Uji Injektor. Jurnal Widya Teknika Vol. 23 No. 1.

Setyo. M. dan L. Utoro. 2017. Re-mapping Engine Control Unit (ECU) Untuk Menaikkan Unjuk Kerja Mesin Sepeda Motor. Jurnal Mesin Teknologi (SINTEK Jurnal) Volume 11 No. 2.

Soenarto. N.. dan S. Furuhama. 1995. Motor Serba Guna. Edisi Revisi. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

SportDevices.2009.User’sManualSportDynoV3.4.http://www.sportdevices.com/download/manuals/sportdyno34-eng.pdf.

Sugiarto. T.. D. S. Putra. W. Purwanto. dan Wagino. 2018. Analisis Perubahan Output Sensor Terhadap Kerja Aktuator pada Sistem EFI (Electronic Fuel Injection). Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi Volume 18 No. 2.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan R&D). Cetakan ke-25. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-28. Bandung: Alfabeta.

Sujono. A..B. Santoso. dan D. Aris H. 2014. Pengaruh Variasi Main-jet Karburator Pada Kinerja Motor Bakar Bio-etanol. Jurnal Mekanika Volume 2 Nomor 2.

Supraptono. 2004. Bahan Bakar dan Pelumas. Buku Ajar. Semarang: Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Suyanto. W. 1989. Teori Motor Bensin. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Tristanto. V. Paryono. dan Sumarli. 2016. Pengaruh Penggunaan Injektor Vixion dan ECU Racing Pada Sepeda Motor Yamaha Mio J Terhadap Daya Motor. Jurnal Teknik Mesin. Tahun 24. No.2.

Wahyudi. N. 2016. Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Perubahan Sudut Injektor pada System EFI Terhadap Performa Motor 4 Langkah. Journal of Electrical Electronic Control and Automotive Engineering (JEECAE) Vol.1 No.1

Wikipedia.2018.InjeksiBahanBakar.https://id.m.wikipedia.org/wiki/Injeksi_bahan_bakar (diakses tanggal 26 Maret 2018).

Yamaha Motor. 2007. Servis Manual Yamaha Vixion. Edisi Pertama. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.
Published
2023-05-31
How to Cite
HUDA, Ahmad Miftakhul; APRIYANTO, Nuraedhi; MAHENDRA, Sena. PENGARUH PENGGUNAAN FUEL ADJUSTER IQUTECHE TERHADAP PEFORMA DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 150 CC TAHUN 2019. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 30-39, may 2023. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2605>. Date accessed: 25 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/joveat.v5i1.2605.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.