KORELASI ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DI ERA PANDEMI TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPAIAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi perhatian orang tua dan motivasi belajar di era pandemi terhadap capaian pembelajaran system pengapian di smk negeri 3 bojonegoro. . Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan Februari 2022 sampai bulan april 2022. Dari Populasi 101 siswa, diambil sampel sebanyak 80 siswa yang menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuisioner, domuntasi serta melakukan observasi dalam pengambilan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, linieritas.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa kedua variabel bebas yaitu perhatian orang tua dan motivasi belajar di era pandemic secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif signifikan terhadap capaian pembelajaran yang dilihat dari F hitung 20.971 > nilai F tabel 3.115. Kemudian secara parsial variabel perhatian orang tua memiliki t hitung (4.014) > t tabel (1991) dan motivasi belajar di etra pandemic memiliki t hitung (6.420) > t tabel (1991) yang menyatakan signifikansi (thitung > ttabel) artinya masing-masing variabel bebas yaitu perhatian orang tua memiliki hubungan yang posotif signifikan dengan capaian pembelajaran serta motivasi belajar di era pandemi juga memiliki hubungan yang positif signifikan dengan capaian pembelajaran. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0.336 yang artinya hubungan variabel independen perhatian orang tua dan motivasi belajar di era pandemic dengan variabel dependen capaian pembelajaran sebesar 33,6%.
Kata kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Di Era Pandemi, Capaian Pembelajaran
References
Arikunto S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi 2010. Jakarta : Rineka cipta
Butcher, C., Davies, C. and Highton, M. (2006) Designing Learning. From module outline to effective teaching. London and New York: Routledge
Darnis asli. Dan citra ramayani, Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 12 Sijunjung, ISSN 2548-7175, 2017.
Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat.: Gaung Persada Press
Jumianto, N., & Sentono , T. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Kejuruan Dan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Siswa Kelas XI SMK Al Ghazali Mirit Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016”. Jurnal Taman Vokasi, 4 (1).
Nuryanto, N. (2013) Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Fasilitas Belajar Belajar Dirumah Terhadap Prestasi Belajar Kelistrikan Otomotif Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Imogiri Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Taman Vokasi, 1(1).
Sardiman A.M, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. cetakan keduapuluh, jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Sarwono, S., Martias,M., & Fernandes, D. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Teknik Kendaraan Ringan Dan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Padang. automotif engineering education journalis, 2018, 1. (1).
Supriyadi, H., & Subagyo, S (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Kejuruan Dan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sistem Kelistrikan Otomotif di Smk Muhammadiyah 1 Patuk Kidul Yogyakarta. Jurnal Taman Vokasi, 1(2).