PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN TINGKAT KOMPETENSI PROFESIONAL BIDANG OTOMOTIF TERHADAP MINAT MENJADI GURU BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN (PVTM) UNIVERSITAS IVET

  • Muhammad Rafi Mahardika Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Fuad Abdillah Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
  • Sena Mahendra Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis pengaruh dari PLP terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PVTM Universitas Ivet, 2) Untuk menganalisis pengaruh dari Tingkat Kompetensi Profesional Bidang Otomotif bidang otomotif terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PVTM Universitas Ivet, 3) Untuk menganalisis pengaruh PLP dan Tingkat Kompetensi Profesional Bidang Otomotif bidang otomotif secara simultan/bersama terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PVTM Universitas Ivet. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian ex post facto, populasi adalah mahasiswa PVTM Universitas Ivet Semarang. Sedangkan sempel yang digunakan sebanyak 54 mahasiswa. Hasil uji hipotesis menunjukan diperoleh nilai Fhitung sebesar 5,702 dan nilai signifikansi F sebesar 0,006. Dengan menggunakan k; n-k , 52 (54-2) diperoleh nilai Ftabel 3,18. Dari hasil tersebut nilai Fhitung 5,702 lebih besar dari Ftabel 3,18 dan nilai signifikasi F sebesar 0,006 lebih rendah dari 0,05 (?=5%) yang menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh PLP (X1) dan Tingkat Kompetensi Profesional Bidang Otomotif bidang otomotif (X2) terhadap minat menjadi guru bagi  mahasiswa PVTM Universitas Ivet Semarang dapat diterima. Berdasarkan hasil determinan diperoleh nilai R square sebesar 18,3%.


Kata kunci : Pengenalan Lapangan Persekolahan, Tingkat Kompetensi Profesional Bidang Otomotif,  Minat Menjadi Guru

References

Sugiono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, S.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Rineka Apta, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiono. 2010. Belajar Analisis Data Sampel. Bandung: Alfabeta.

Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Singarimbun et al.1995. Metode Penelitian Survei: LP3ES.

Hadi, S. (2015). Statistika (Yogyakarta: Pustaka Pelajar). Statistika.

Guilford, J.P. 1956. Fundamental Statistic in Psychology and Education. 3rd Ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.

Ali Muhson. 2005. Diktat Mata Kuliah: Aplikasi Komputer. Pendidikan Ekonomi FISE UNY.

Andri, Feri. (2020). “Peningkatan Kompetensi Guru melalui Biduak dalam Membina Karakter Siswa SMK Negeri 1 Bonjol.” Jurnal Engineering Edu 6, no. 2.
Published
2023-12-11
How to Cite
MAHARDIKA, Muhammad Rafi; ABDILLAH, Fuad; MAHENDRA, Sena. PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN TINGKAT KOMPETENSI PROFESIONAL BIDANG OTOMOTIF TERHADAP MINAT MENJADI GURU BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN (PVTM) UNIVERSITAS IVET. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 106-119, dec. 2023. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/2989>. Date accessed: 03 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joveat.v5i2.2989.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.