PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN TINGKAT KOMPETENSI PROFESIONAL BIDANG OTOMOTIF TERHADAP MINAT MENJADI GURU BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN (PVTM) UNIVERSITAS IVET
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis pengaruh dari PLP terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PVTM Universitas Ivet, 2) Untuk menganalisis pengaruh dari Tingkat Kompetensi Profesional Bidang Otomotif bidang otomotif terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PVTM Universitas Ivet, 3) Untuk menganalisis pengaruh PLP dan Tingkat Kompetensi Profesional Bidang Otomotif bidang otomotif secara simultan/bersama terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa PVTM Universitas Ivet. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian ex post facto, populasi adalah mahasiswa PVTM Universitas Ivet Semarang. Sedangkan sempel yang digunakan sebanyak 54 mahasiswa. Hasil uji hipotesis menunjukan diperoleh nilai Fhitung sebesar 5,702 dan nilai signifikansi F sebesar 0,006. Dengan menggunakan k; n-k , 52 (54-2) diperoleh nilai Ftabel 3,18. Dari hasil tersebut nilai Fhitung 5,702 lebih besar dari Ftabel 3,18 dan nilai signifikasi F sebesar 0,006 lebih rendah dari 0,05 (?=5%) yang menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh PLP (X1) dan Tingkat Kompetensi Profesional Bidang Otomotif bidang otomotif (X2) terhadap minat menjadi guru bagi mahasiswa PVTM Universitas Ivet Semarang dapat diterima. Berdasarkan hasil determinan diperoleh nilai R square sebesar 18,3%.
Kata kunci : Pengenalan Lapangan Persekolahan, Tingkat Kompetensi Profesional Bidang Otomotif, Minat Menjadi Guru
References
Arikunto, S.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Rineka Apta, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Sugiono. 2010. Belajar Analisis Data Sampel. Bandung: Alfabeta.
Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Singarimbun et al.1995. Metode Penelitian Survei: LP3ES.
Hadi, S. (2015). Statistika (Yogyakarta: Pustaka Pelajar). Statistika.
Guilford, J.P. 1956. Fundamental Statistic in Psychology and Education. 3rd Ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.
Ali Muhson. 2005. Diktat Mata Kuliah: Aplikasi Komputer. Pendidikan Ekonomi FISE UNY.
Andri, Feri. (2020). “Peningkatan Kompetensi Guru melalui Biduak dalam Membina Karakter Siswa SMK Negeri 1 Bonjol.” Jurnal Engineering Edu 6, no. 2.