ANALISIS KESENJANGAN PELAKSANAAN PROGRAM SMK PUSAT KEUNGGULAN DITINJAU DARI STANDAR PROSES PENDIDIKAN KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK OTOMOTIF SMK PGRI KUWU
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk 1) Mengetahui pelaksanaan program SMK Pusat Keunggulan ditinjau dari standar proses pendidikan kompetensi kejuruan Teknik Otomotif SMK PGRI Kuwu. 2)Menganalisis seberapa tingkat kesenjangannya dan merancang bagaimana solusi permasalahan terkait kesenjangan pelaksanan standar proses pendidikan kompetensi kejuruan Teknik Otomotif SMK PGRI Kuwu.
Metodologi Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang memberikan gambaran atau uraian atas suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti (Kountur, 2005) dengan metode pre-experimental design. Penelitian ini difokuskan 1)Perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yang diterapkan pada kompetensi kejuruan Teknik Otomotif di SMK PGRI Kuwu diharapkan mampu memenuhi capaian pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan pada kompetensi kejuruan Teknik Otomotif di SMK PGRI Kuwu diharapkan mampu berpusat pada peserta didik. 3) Penilaian proses pembelajaran. Penilaian proses pembelajaran merupakan asesmen terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada kompetensi kejuruan Teknik Otomotif di SMK PGRI Kuwu.
Hasil Penelitian ini adalah, 1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru menunjukkan bahwa perencanaannya adalah sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan skor nilai rata-rata 4,42 dengan kategori sangat baik. 2) hasil analisis data pelaksanaan proses pembelajaran dengan responden guru menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran termasuk kedalam kategori sangat baik dengan skor nilai 4,47. 3) Penilaian hasil belajar menunjukkan skor nilai rata-rata 4,53 dengan kategori sangat baik. Ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian hasil belajar sudah sesuai dengan Permendikbud No 81a tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.
Kata Kunci : Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Proses Pembelajaran, Penilaian Hasil Belajar, Kurikulum Merdeka Belajar
References
Atika, I Made Sudana dkk. 2017. Analisis Kesenjangan Pelaksanaan Standar Proses pada Pembelajaran Produktif di SMK. Journal of Vocational and Career Education
Dede Rosyada, 2004, Paradigma Pedidikan Demokratis; Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Kencana
Departemen Pendidikan Nasional, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Gramedia Pustaka Utama
Depdiknas, Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses, Jakarta,
Dharma, Surya dkk. 2013. Tantangan Guru SMK abad 21. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Menengah, Dirjen Pendidikan Menengah dan Kemendikbud.
Kemendikbud Nomor 165 Tahun 2021 tentang Program SMK Pusat Keunggulan
Nana Sudjana, 1990, Penilaian Hasil Pembelajaran, Bandung: Rosdakarya.
Oemar Hamalik, 1995, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Oemar Hamalik, 2003, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan
Permendikbud No 81a Tahun 2013
SMK PK Keputusan Nomor 029 Tahun 2021 tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran pada Program SMK Pusat Keunggulan
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Pendidikan Tinggi.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.