PENGARUH TEACHING FACTORY DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN KOMPETENSI KEAHLIHAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SMK NEGERI TRUCUK
Abstract
Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa SMK Negeri Trucuk yaitu : 1) Teaching Factory di SMK Negeri Trucuk yang bergerak dibidang jasa terutama pada service kendaraan bermotor. 2) Gaya belajar yang di terapkan di SMK Negeri trucuk yang sesuai denagan Teaching Factory yaitu dengan cara siswa di kasih teori terkait kelistrikan otomotif dengan dijelaskan oleh guru setelah itu praktek dengan ada 1 mekanik ahli dan ada 2 siswa yang mengikuti. Dua faktor diatas yang mempengaruhi prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh antara teaching factory terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan 2) Untuk menganalisis pengaruh antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan ringan 3) Untuk menganalisis pengaruh antara teaching factory dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang bersifat ex post facto. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Populasi sebanyak 59 siswa. Pengujian yang digunakan adalah uji Validitas dan uji Reliabilitas. Uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas dan uji heterokedasitas. Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolahan spss versi 24.0. Hasil analisis menunjukan Teaching Factory kategori sangat baik, gaya belajar sangat baik, Prestasi belajar baik. Hasil uji t Teaching Factory Terhadap prestasi belajar nilai sig. Sebesar 0,001 di bawah 0,05 sehingga H1 diterima. Gaya Belajar Terhadap prestasi belajar mempunyai nilai sig. Sebesar 0,001 lebih rendah dari 0,05 sehingga H2 diterima. Ada pengaruh positif Teacing Factory dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TKRO SMK Negeri Trucuk. Uji f nilai sig. Sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 sehingga H3 diterima. Berdasarkan hasil hitungan determinan diperoleh nilai r square sebesar 21,8%. sedangkan sisanya yaitu 78,2% dipengaruhi variabel lain.
Kata Kunci : Teaching Faktory, Gaya belajar, Prestasi Belajar, Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan
References
Amirono, 2013 “Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan” Jilid 2, (Malang : Kementerian Pendidikan dan kebudayaan)
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bobby Deporter dan Mike Hernarcki. 2011. Quantum Learning. Bandung : Kaifa
De Porter, Bobbi, Hernacki, Mike. 2011. Quantum Learning. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.
Direktorat Pembinaan SMK (2017) Tata Kelola Pelaksanaan Teaching Factory . Jakarta.
Fajar Dwi Prasetya. (2012). “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Listrik Otomotif Siswa Kelas XI Teknik Perbaikan Kendaraan Ringan Otomotif SMKN 2 Depok Sleman”. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FT UNY.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta : Referensi
Muhammad Ishaq. (2016). “Pengaruh Pembelajaran Teaching Factory Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Praktik Kelistrikan SMK Kristen 2 Surakarta” Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FT UNY.
Purwanto. 2013. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rinson Sitanggang. 2013 “Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan” Jilid 1, Malang :Kementerian Pendidikan dan kebudayaan
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsini Arikunto. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yaumi, Muhammad. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Grup, 2013.