KORELASI MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK AN NUR BANJAREJO
Abstract
Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui korelasi antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar Kelistrikan Otomotif pada peserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo, (2) untuk mengetahui korelasi antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Kelistrikan Otomotif pada peserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo, (3) untuk mengetahui korelasi antara motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Kelistrikan Otomotif pada peserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo.
Penelitian ini dilakukan pada mei 2022 sampai dengan juni 2022 dengan populasi 60 peserta didik, teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh atau penelitian populasi. Jenis penelitian ini adalah korelasional dan digolongkan penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner atau angket dan teknik dokumentasi. Validitas butir soal diperoleh dari korelasi product moment. Reliabilitas soal diperoleh dengan rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda dan analisis korelasi parsial yang sebelumnya dilakukan uji prasarat analisis yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji linieritas.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) ada korelasi positif signifikan antara motivasi belajar (X1) terhadap prestasi belajar kelistrikan otomotif (Y) pada peserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo; (2) ada korelasi positif signifikan antara lingkungan belajar (X2) terhadap prestasi belajar kelistrian otomotif (Y) pada peserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo; (3) ada korelasi positif signifikan antara motivasi belajar (X1) dan lingkungan belajar (X2) bersama-sama terhadap prestasi belajar kelistrikan otomotif (Y) pada peserta didik Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK AN NUR Banjarejo.
Kata kunci: Motivasi belajar, Lingkungan belajar, Hasil belajar
References
Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Baharuddin, & Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Dimyati, & Mujiyono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro Press.
Gunarsa, Yulia Singgih D. 2012. Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta: Libri.
Kristiyanto, Dwi Apri. 2021. Hubungan Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di SMK Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, Vol 3, Nomor 2, Mei 2021. Tersedia: file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/40440-119719-1-PB.pdf Diakses pada 7 Agustus 2022.
Purwanta, M. Ngalim. 2017. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sari, Evi Kumala. 2017. Korelasi Motivasi Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Siswa SMK PGRI 2 Bojonegoro Tahun 2016/2017. Tersedia: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/701/1/JURNAL%20EVI%20KUMAKA%20SARI.pdf. Diakses pada 7 Agustus 2022.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soemanto, Wasty. 2018. Psiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sukamto. 2015. Pengaruh Lingkungan Belajar di Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar peserta didik kelas X Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di SMK Diponegoro Depok Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Tersedia: https://repository.ustjogja.ac.id/doc/pengaruh-lingkungan-belajar-di-sekolah-dan-motivasi-belajar-terhadap-hasil-belajar-mata-pelaj3467975. Diakses pada 16 Desember 2021.
Sugihartono. et al. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yusuf LN, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2018. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta