MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL TAI DENGAN MEDIA ELECTRONIC AUTO-TRANSMISSION GEAR SIMULATOR
Abstract
Tujuan penelitian (1) untuk menganalisis penerapan model Team Accelerated Instruction (TAI) dengan media peraga Electronic Auto Transmission Gear Simulator dalam meningkatkan hasil belajar, (2) untuk meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas XI TKRO SMK AN NUR Banjarejo Tahun Akademik 2021/2022 melalui model kooperatif Team Accelerated Instruction (TAI) dengan media peraga Electronic Auto Transmission Gear Simulator. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada mei 2022 sampai dengan juni 2022 dengan subjek sebanyak 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, teknik observasi, dan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan model TAI dengan media peraga Electronic Auto Transmission Gear Simulator dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tes hasil belajar pada tiap pertemuan kedua, (2) Model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dengan Media Electronic Auto Transmission Gear Simulator dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI TKRO A SMK AN NUR Banjarejo. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai tes hasil belajar peserta didik pada pre-test awal sebesar 65.94 dengan daya serap 41% meningkat setelah adanya tindakan siklus I menjadi sebesar 75.94 dengan daya serap 75. Pada siklus II meningkat lagi menjadi sebesar 81.88 dengan daya serap sebesar 88%.
Kata kunci: Model Team Accelerated Instruction (TAI), Media Electronic Auto Transmision, Hasil belajar
References
Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nugraha, Muldiyana. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan UIN Banten: Tarbawi, 4, 27-44.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud65-2013SI.pdf.
Purwanto, Ngalim M. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Slavin, Robert. (2018). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suyitno, Imam. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Cakrawala Pendidikan UNY https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1307.
Sardiman, dkk. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Peserta didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suyitno. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Alat Ukur Mekanik Pada Peserta didik Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Pancasila Kutoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol. 17 No. 1 (2022): vol. 17 No. 1 (2022). http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/index.
Uno, Hamzah B. (2013). Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.