PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PERAWATAN SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA ENGINE STAND KIJANG 5K
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar praktik perawatan sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI TKR 5 SMK Nurul Islam Larangan Brebes (2) Mengetahui penerapan metode pembelajaran inkuiri dengan media engine stand kijang 5K untuk meningkatkan hasil belajar praktik perawatan sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI TKR 5 SMK Nurul Islam Larangan Brebes dan (3) Mengkaji peningkatan kinerja guru dalam menerapkan metode pembelajaran inkuiri dengan media engine stand kijang 5K pada siswa kelas XI TKR 5 SMK Nurul Islam Larangan Brebes. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar praktik siswa mengalami peningkatan yaitu dimana pada siklus I persentase siswa yang tuntas adalah 68,57% kemudian pada siklus II dapat mencapai 91,42% artinya sudah mencapai indikator KBM >75% yang telah ditetapkan. Dan hasilnya dapat di simpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri dengan media Engine Stand Kijang 5K dapat meningkatkan hasil belajar praktik sistem pengapian konvensional siswa kelas XI TKR 5 SMK Nurul Islam Larangan Brebes.
Kata kunci: Sistem pengapian konvensional, metode inkuiri, siswa kelas XI TKR 5 SMK Nurul Islam Larangan Brebes
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Conny R. Semiawan. 1999. Pendidikan Tinggi-Peningkatan Manusia Sepanjang
Daryanto. 1991. Teknik Servis Mobil. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Eggen, P. D., & Kauchak, D. P. (1996). Strategi untuk Guru Mengajar Konten dan Keterampilan Berpikir. Allyn & Bacon: Perusahaan Slimon & Schuster.
Gulo, W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hamalik, Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara Hayat-Seoptimal Mungkin. Jakarta: Grasindo
I Gede Wiratmaja, 2010. Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin. Bali:Universitas Udayana.
Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Kuwat Prasetia, 2015. Peningkatan prestasi belajar praktik melalui Implementasi model pembelajaran inquiry training Pada siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Wadaslintang Tahun pelajaran 2015/2016. Purworejo, tidak diterbitkan.
Maman. 2001. Servis dan Reparasi Auto Mobil. Bandung: CV Pustaka Grafika Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Referensi. Rifa?i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2010. Psikologi pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Rugayyah, 2013, Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Mencapai Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMK Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa, Makasar. Tidak diterbitkan.
St Mulyanta dan Marlon Leong. 2009. Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Pembelajaran. Yogyakarta: Univ. Atmajaya.
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT.Rajagrafindo Persada
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sukestiyarno dan Wardono. 2009. Statistika. Semarang: UNNES PRESS.
Suratman, Sumantri, Mulyani dan Johan Permana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti
Suyanto. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo:Masmedia Buana Pustaka
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press