PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PERAWATAN SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA ENGINE STAND KIJANG 5K

  • Zaenal Abidin Universitas Ivet
  • Toni Setiawan Universitas Ivet
  • Fahmy Zuhda Bahtiar Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar praktik perawatan sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI TKR 5 SMK Nurul Islam Larangan Brebes (2) Mengetahui penerapan metode pembelajaran inkuiri dengan media engine stand  kijang 5K untuk meningkatkan hasil belajar praktik perawatan sistem pengapian konvensional pada siswa kelas XI TKR 5 SMK Nurul Islam Larangan Brebes dan (3) Mengkaji peningkatan  kinerja guru dalam menerapkan metode pembelajaran inkuiri dengan media engine stand  kijang 5K pada siswa kelas XI TKR 5 SMK Nurul Islam Larangan Brebes. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar praktik siswa mengalami peningkatan yaitu dimana pada  siklus I persentase siswa yang tuntas adalah 68,57% kemudian pada siklus II dapat mencapai 91,42% artinya sudah  mencapai  indikator  KBM >75% yang  telah ditetapkan. Dan hasilnya dapat di simpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri dengan media Engine Stand Kijang 5K dapat meningkatkan hasil belajar praktik sistem pengapian konvensional siswa kelas XI TKR 5 SMK  Nurul Islam Larangan Brebes.


Kata kunci:  Sistem pengapian konvensional, metode inkuiri, siswa kelas XI TKR 5 SMK Nurul Islam Larangan Brebes

References

Arifin, Zainal. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Conny R. Semiawan. 1999. Pendidikan Tinggi-Peningkatan Manusia Sepanjang

Daryanto. 1991. Teknik Servis Mobil. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Eggen, P. D., & Kauchak, D. P. (1996). Strategi untuk Guru Mengajar Konten dan Keterampilan Berpikir. Allyn & Bacon: Perusahaan Slimon & Schuster.

Gulo, W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara Hayat-Seoptimal Mungkin. Jakarta: Grasindo

I Gede Wiratmaja, 2010. Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin. Bali:Universitas Udayana.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Kuwat Prasetia, 2015. Peningkatan prestasi belajar praktik melalui Implementasi model pembelajaran inquiry training Pada siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Wadaslintang Tahun pelajaran 2015/2016. Purworejo, tidak diterbitkan.

Maman. 2001. Servis dan Reparasi Auto Mobil. Bandung: CV Pustaka Grafika Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Referensi. Rifa?i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2010. Psikologi pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Rugayyah, 2013, Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Mencapai Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMK Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa, Makasar. Tidak diterbitkan.

St Mulyanta dan Marlon Leong. 2009. Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Pembelajaran. Yogyakarta: Univ. Atmajaya.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT.Rajagrafindo Persada

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukestiyarno dan Wardono. 2009. Statistika. Semarang: UNNES PRESS.

Suratman, Sumantri, Mulyani dan Johan Permana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti

Suyanto. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo:Masmedia Buana Pustaka

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press
Published
2024-12-30
How to Cite
ABIDIN, Zaenal; SETIAWAN, Toni; BAHTIAR, Fahmy Zuhda. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PERAWATAN SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA ENGINE STAND KIJANG 5K. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 120 - 128, dec. 2024. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/3625>. Date accessed: 08 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joveat.v6i2.3625.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.