PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN PKKR KELAS XI TKRO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan tanggapan pengguna (peserta didik) media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan kompetensi sistem starter, sistem pengisian konvensional dan sistem pengapian konvensional di SMK Muhammadiyah Bulakamba. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan metode pengembangan Borg & Gaal.
Media pembelajaran pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) berbasis android untuk kelas XI TKRO dikembangkan menggunakan software Android Studio dengan model pengembangan Borg & Gaal . Terdapat 10 langkah pada penelitian ini yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi massal. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap 7 yaitu revisi produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket sedangkan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Penilaian kelayakan ahli materi menunjukkan skor 75 dan masuk pada kategori sangat layak. Pada ahli media menunjukkan skor 85 dan masuk pada kategori sangat layak. Sedangkan pada praktisi kependidikan menunjukkan skor 85 dan masuk pada kategori sangat layak. (2) Hasil tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran pada uji coba produk menunjukkan rata- rata skor 73,6 dan masuk kategori sangat layak.
Kata kunci: Media, Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan, Android.
References
Depdiknas. (2006). UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud.2013. Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan untuk SMK/MK. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nazrudin Safaat. (2012). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung: Informatika.
Sadiman, A. S. dkk. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta : PT Raja Grafindo Perkasa
Setyabudi, Kurnia Febry (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Mesin Konversi Energi Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Berbasis Aplikasi Android Untuk Kelas X Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Negeri 1 Wadaslintang. S1 thesis, Fakultas Teknik.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Pengembangan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung.
Tim Penyusun Tugas Akhir Skripsi UNISVET. (2019). Buku Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Semarang: UNISVET.
Atmoko Putra Pratama. (2017). Pengembangan Autobody Repair Dictionary Berbasis Android Journal Pendidikan Teknik Otomotif Vol 18, No 2 diambil pada tanggal 10 desember 2022 darihttp://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/otomotif s1/article/view/10135
Bayu aji Alim Pambudi. (2017). Pengembangan Media Belajar Kamus Pengecatan Otomotif Berbasis Android. Journal Pendidikan Teknik Otomotif Vol 19, No 2 diambil pada 10 desember 2022 darihttp://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/otomotif- s1/article/view/10135
Lutfi Rahmat. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Siswa Kelas Xi Pada Materi Sistem Kemudi. Journal Pendidikan Teknik Otomotif Vol 14, No 1 diambil pada 10 Desember 2022 dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/otomotif-s1/article/view/4336
https://eprints.uny.ac.id 15/12/2022 kamis 20.37
https://kelembagaan.risetdikti.go.id undang – undang nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional. Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang pendidikan menengah. 15/12/2022 kamis 21.00
https://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/ 15/12/2022 kamis 21.17
http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/elektro/article/view/9158 15/12/2022 kamis 21.45