ANALISIS VARIASI KOIL DAN CELAH BUSI TERHADAP PERFORMA PADA MOTOR 4 TAK 110 CC
Abstract
Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Coil Racing pada kendaraan standart Jupiter Z 110 cc dan penambahan Coil racing dengan mengunakan variasi celah busi 0.5, 0.7, 0.9. Terhadap performa kendaraan meliputi : 1). Torsi, 2). Daya, 3). Konsumsi bahan bakar.
Metodologi penelitian ini adalah : 1). Metode eksperimen dengan desain penelitian A,B/C desain untuk mengungkap tentang efektivitas penggunaan Coil Racing terhadap; 2). Performa mesin sepeda motor Jupiter Z 4 tak 110 cc; 3). Uji bahan bakar spesifik; 4). Menggunakan Coil Racing; 5). Celah busi 0.5, 0.7, 0.9. pada penelitian ini menganalisa perbedaan pada kendaraan Jupiter Z 110 cc 4 tak.
Hasil penelitian ini adalah; 1). Hasil Torsi mendapatkan hasil paling tinggi pada saat menggunakan variasi celah busi 0.7 dengan hasil 12,1 N.m pada 3000 RPM dan untuk hasil pengujian dengan hasil pengujian paling rendah yaitu 11,5 N.m pada 3000 RPM 2). Hasil Daya mendapatkan hasil paling tinggi pada saat menggunakan variasi celah busi 0.7 dengan hasil 8,7 HP pada 7500 RPM dan untuk hasil pengujian dengan hasil pengujian paling rendah yaitu 8,17 HP pada 7500 RPM, 3). Hasil pengujian Konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) paling tinggi didapatkan pada saat menggunakan variasi celah busi 0.7 dengan menggunakan Coil racing mendapatakan hasil 0,156 kg/jam pada motor standart mengalami penurunan menjadi 0,1061 kg/jam.
Kata kunci : Coil Racing, performa, Uji bahan bakar spesifik, Emisi gas buang
References
Badan Pusat Statistik. (2020). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis Tahun 2009-2020 Atmanegara, 2017.
Penjelasan Busi. Jerman: Pustaka Pelajar. Budiyono dan Mahfudin, (2018).Penjelasan FungsiBusidanKontruksiBusi.Jakarta:PustakaPelajar.Https://www.otospedcar.com/2020/12/busiiridium-vs-platinum.html.
Bugis,Husin. (2013). Dasar-dasar Motor Bensin Konvensional. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Hermanto, SD. 2015. Analisa Penggunaan koil racing terhadap daya pada sepeda motor Honda Supra X 100 cc. Skripsi. Fakultas Teknik UNPKediri.
Jama, J dan Wagino. 2008a. Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Jama, J dan Wagino. 2008b. Teknik Sepeda Motor Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Keputusan Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi. Nomor: 3674K/24/DJM/ 2006. Tentang Standar dan Mutu (spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis BensinYang Dipasarkan Didalam Negeri.
Kristanto, P. 2015. Motor Bakar Torak. Yogyakarta: CV. AndiOffest.
Machmud, S dan Yokie GI. 2011. Dampak Kerenggangan Celah Elektroda Busi Terhadap Kinerja Motor Bensin 4 Tak. Jurnal Teknik Vol.1 No. 2 / Oktober 2011
Markus. 2013. Pengaruh Gap Elektroda Busi Terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor Satu Silinder 4 Langkah Berbahan Bakar Bensin. Jurnal Refrigerasi, Tata Udara dan Energi Race. Vol 7 No. 1, Maret 2013, hal 749-752
Nuramal, A dan Ahmad FS. 2014. Analisa Pengaruh Jarak Celah Elektroda Busi Terhadap Performa Motor Bakar 4 Langkah Studi Kasus Pada Motor Bakar Honda GX-160. Jurnal Ilmiah Bidang Sains-Teknologi Murni Disiplin dan Antar Disiplin Vol. 1 No.14. TahunVIII maret 2014
Rachmadi, Martias & Fernandez, (2014). Ukuran Celah Busi Surya Teknikal: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 3(1).
Raharjo, WD dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Semarang: UNNES PRESS
Sarwono, E dkk. 2013. Study Experimental Pengaruh Spark Plug Clearance Terhadap Daya Dan Efisiensi Pada Motor Matic. Jurnal Proton Vol. 5 No 1/Hal 18-22.
Siswanto, I dan Yosep E. 2015. Peningkatan Performa Sepeda Motor Dengan Variasi CDI Programmable. Jurnal Science Tech LP2M UST Yogyakarta Vol. 1 No.1 Agustus 2015, 1-12.
Subroto. 2009. Pengaruh Penggunaan Koil Racing Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin. Jurnal MEDIA MESIN, Vol. 10, No. I, Januari 2009, 8-14.
Penelitian Rahmat (2014) “ Pengaruh Penggunaan Busi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada sepeda motor honda beat tahun 2012” Penelitian dari Setyono dan Kawano(2014)”Pengaruh Penggunaan Variasi Elektroda Busi terhadap Performa Motor Bensin 4 langkah