PENGARUH MEMAJUKAN WAKTU PENGAPIAN TERHADAP PERFORMA, KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG

  • Adi Siswo Universitas Ivet
  • Joko Suwignyo Universitas Ivet
  • Budiyanto Budiyanto Universitas Ivet

Abstract

Dalam kemajuan IPTEK kinerja sepeda motor dalam bentuk daya dan torsi yang memadai sangat dibutuhkan sehingga fleksibilitas yang baik dalam manufer, megubah pick-up sensor merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk menaikkan kinerja mesin bagaimana  pengaruh waktu pengapian terhadap performa, konsumsi bahan bakar,dan emisi gas buang pada sepeda motor Megapro 212cc jika waktu pengapian dimajukan 1 derajat dan 2 derajat. Tujuan untuk mengetahui waktu pengapian terbaik Daya dan Torsi, SFC dan Emisi gas buang yang optimal.


Hasil Uji Torsi terbaik magnet standar 150 menghasilkan torsi 9.25 N.m, magnet 160 menghasilkan torsi 9.41 N.m naik sebesar 2%, magnet 170  menghasilkan torsi 10.46 N.m naik sebesar 13% dari magnet standar. Uji Daya magnet standar 150 menghasilkan daya 1.04 Hp,uji magnet 160  menghasilkan daya 1.16 Hp naik 12%, uji magnet 170  menghasilkan daya 1.39 Hp naik 34% dari magnet standar.


Uji SFC magnet standar 150 sebesar 1.93 Kg/Kwh, magnet 160 menghasilkan SFC 1.82 Kg/Kwh turun 6%, magnet 170  menghasilkan SFC 1.32 Kg/Kwh naik 32% dari magnet standar.


Uji Emisi gas buang nilai terendah CO magnet standar 150 di 2000 Rpm sebesar 5.58%. Hydrocarbon magnet 160 di 2000 Rpm sebesar 9229 ppm. Karbondioksida magnet 170 di 2000 Rpm sebesar 3.39%. O2 magnet standar 150 di 2000 Rpm sebesar 12.68%. Lambda magnet 160 di 2000 Rpm sebesar 0.715. AFR h magnet 160 di 2000 Rpm sebesar 10.51. Kesimpulan bahwa memajukan waktu pengapian sangat berpengaruh terhadap peningkatan terhadap performa mesin, SFC dan Emisi gas buang.


Kata kunci : waktu pengapian, Performa,SFC, Emisi gas buang

References

Arismunandar, Wiranto. 2005. Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung : Penerbit ITB.Boentartto (2005).

Artikel AFR https://lifepal.co.id/media/air-fuel-ratio-adalah/ , diakses pada 1 Januari 2023.

Artikel google http://motortuo.blogspot.com/2015/07/spesifikasi-honda-mega-pro-advance-mega.html ,diakses 23 Oktober 2020

Artikel Emisi gas buang https://dlhk.jogjaprov.go.id/uji-emisi-kendaraan-bermotor-untuk-pengendalian-pencemaran-udara diakses pada 1 Januari 2023.

Arifin, Z., Mahendra, S., & Ariwibowo, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Hydrocarbon Crack System Dan Variasi Bahan Bakar Terhadap Performa Dan Emisi Gas Buang. Journal of Vocational …, 3(2).

Y Tiardi, S Mahendra, F Fatra (2021) Pengaruh Hydrocarbon Crack System Dengan Variasi Jenis Busi Terhadap Peforma Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Tak 150 CC. Journal of Vocational Education and Automotive Technology 4 (1), 190-206

Dasuki, Faisal, 1977, Motor Bakar Bensin, Devission Training Center, PT Astra Motor, Jakarta.

Soenarta, Nakoela dan Sochi Furuhama. 1995. Motor Serba Guna. Jakarta: Pradnya Paramita.

Heisler, Heinz. 1995. Advanced Engine Technology. London: Hodder Headline Group.

Kurdi, Ojo dan Arijanto. 2007. Aspek Torsi dan Daya Pada Mesin Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Bahan Bakar Campuran Premium-Methanol. Jurnal Penelitian Teknik Mesin UNDIP. Volume 9/2.

Rastoto, Nur Dyan Enggar, dkk. 2012. Pengaruh Perubahan Perubahan Waktu Pengapian (ignition timing) Terhadap Emisi Gas Buang CO dan HC Pada Sepeda Motor Vega R 110 CC Tahun 2008 dengan Bahan Bakar LPG (liquefied Petroleum).

Tanggi, Yoga ; Analisa variasi derajat pengapian dan jenis bahan bakar terhadap performa mesin pada sepeda motor matik 110CC. FT UN PGRI 2019, Kediri.
Machmud, Syahril dkk. 2013. Pengaruh Variasi Unjuk Derajat pengapian Terhadap Kerja Mesin. Yogyakarta: Universitas Janabadra Yogyakarta.

Tjatur, Sukma. 2013. Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor. Jakarta. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.Jama wagino (2008)

Sukarno,Ragil. 2007. Pengaruh perubahan ignition timing terhadap kinerja mesin sepeda motor automatic 115CC. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Muhajir, Ahmad. 2016. Pengaruh Waktu Pengapian (Ignition Timing) Terhadap Daya dan Torsi Pada Sepeda Motor Dengan Bahan Bakar Premium, Pertalite Dan Pertamax Plus. Skripsi. Semarang: Teknik Universitas Negeri Semarang
Published
2024-12-30
How to Cite
SISWO, Adi; SUWIGNYO, Joko; BUDIYANTO, Budiyanto. PENGARUH MEMAJUKAN WAKTU PENGAPIAN TERHADAP PERFORMA, KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 160 - 167, dec. 2024. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/3629>. Date accessed: 08 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joveat.v6i2.3629.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.