PENGARUH PENGGUNAAN SPRING CVT RACING TERHADAP PERFORMA PADA SEPEDA MOTOR MATIC 4 TAK HONDA BEAT FI 110 CC

  • Muhammad Dimas Wahyu Akhta Prastya Universitas Ivet
  • Sena Mahendra Universitas Ivet
  • Nurul Burhan Universitas Ivet

Abstract

Sepeda motor dengan sistem pemindah tenaga otomatis ini lebih praktis dalam pemakaian dibandingkan dengan sepeda motor bertransmisi manual, tetapi secara otomatis berubah sesuai dengan putaran mesin. penelitian ini untuk memodifikasi pada bagian cvt yang mana spring ini akan dirubah ukuran yang lebih besar dari standarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh spring racing terhadap Torsi  pada motor Honda Beat fi tahun 2013. 2) Untuk menganalisis pengaruh spring racing terhadap daya pada motor Honda Beat fi tahun 2013. 3) Untuk menganalisis pengaruh spring racing terhadap SFC pada motor Honda Beat fi tahun 2013. 4) Untuk menganalisis ukuran spring racing yang efektif untuk menambah Torsi dan Daya pada motor Honda Beat fi 2013.. Jenis penelitian ini dalah penelitian expeimen.


Hasil penelitian, 1) Hasil pengujian torsi spring CVT racing 1500 menggunakan bahan bakar pertamax menunjukkan hasil torsi 7.905 N.m pada putaran mesin 6500 rpm. Hasil pengujian torsi spring CVT racing 1500 menggunakan bahan bakar pertamax menunjukkan hasil torsi tertinggi 7.905 N.m pada putaran mesin 6500 rpm. Hal ini menunjukkan penggunaan spring CVT racing 1500 menggunakan bahan bakar petamax dapat meningkatkan persentase daya 36%. hasil pengujian daya Spring CVT Standart, Racing 1000 menggunakan bahan bakar petamax menunjukkan hasil Daya tertinggi 1.27 HP pada putaran mesin 6500 rpm. Hal ini menunjukkan penggunaan spring CVT racing 1000 dapat meningkatkan persentase daya 56%. Dari hasil penelitian, hasil konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) menggunakan bahan bakar petamax 5 ml pada sepeda motor Honda beat FI 110 cc menggunakan Spring CVT Standart, Racing 1000, 1500, 2000 menunjukkan hasil terbaik menggunakan spring CVT racing 1000 yaitu 0.8131 kg/jam pada putaran mesin 9000 rpm. Semakin rendah nilai SFC maka semakin rendah pula konsumsi bahan bakar yang digunakan. 2) hasil penelitian menghasilkan spring CVT racing yang paling efektif yaitu menggunakan spring CVT racing 1000 dengan Daya tertinggi 1.27 HP dan torsi 0.718N.m pada putaran 6500 rpm.


Kata Kunci: Pengaruh Penggunaan Spring Cvt Racing Terhadap Performa.

References

Badan Pusat Statistik. (2020). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis Tahun 2009-2020.

Beni Satya, 2017. Menciptakan Kendaraan Yang Rendah Emisi Dengan Tenaga Yang Maksimal.

Brahim, 2020. Emisi gas buang CO menurun dengan menggunakan busi elektroda kaki dua dan busi elektroda kaki empat dibanding dengan busi standar.

Bugis, Husin. (2013). Dasar-dasar Motor Bensin Konvensional. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Indrawan Nurdianto, 2015. Peningkatan torsi yang terjadi setelah penggunaan variasi busi juga akan berpengaruh pada daya mesin karena dengan peningkatan torsi.

Joko Sriyanto, 2018. Emisi Pembuangan Gas Bagi Kesehatan. Boyobolo: Pustaka Pelajar.

Keputusan Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi. Nomor: 3674K/24/DJM/2006. Tentang Standar dan Mutu (spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin Yang Dipasarkan Didalam Negeri.

OtomotifNet 05/09, Http://m.otosia.com/berita/benarkah-ubah-gap-busi-tingkatkan-performa-mesin-motor.html.

Permana, 2014. Prinsip Kerja Motor. Kediri: Pustaka Pelajar. Konsumsi Bahan Bakar: Http://digilib.its.ac.id/public/ITS-undergraduate-10747-presentation.pdf.
Saputro, 2011. Cara Kerja Motor Bakar. Kediri: Pustaka Pelajar.

Saragih, H.R. (2010). Gas Buang Beracun. Simalungun: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011:61). Menjelaskan Tentang Variabel Bebas dan Variabel Terikat.

Sukidjo, 2011. Performa Mesin Sepeda Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Premium, Pertalite dan Pertamax. Forum Teknik, Vol.34 No.1.

Sukidjo, 2011. Faktor Penyebab Performa Mesin. In Forum Teknik. 34 (1): 61-66.

Satudju, Dj, 1991. Normal Jumlah Kandungan Gas Buang.

Sayuda Ari Saputro (2013), dengan judul PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI ROLLER DAN PEGAS CVT RACING TERHADAP PERFORMA MOTOR MATIC 110CC
Published
2024-12-30
How to Cite
PRASTYA, Muhammad Dimas Wahyu Akhta; MAHENDRA, Sena; BURHAN, Nurul. PENGARUH PENGGUNAAN SPRING CVT RACING TERHADAP PERFORMA PADA SEPEDA MOTOR MATIC 4 TAK HONDA BEAT FI 110 CC. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 168 - 177, dec. 2024. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/3630>. Date accessed: 08 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joveat.v6i2.3630.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.