PENGARUH PENGGUNAAN PLASMA DAN VARIASI CELAH BUSI TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR 4 TAK 125 CC

  • Aziz Amin Mahfud Universitas Ivet
  • Sena Mahendra Universitas Ivet
  • Bayu Ariwibowo Universitas Ivet

Abstract

Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan plasma pada kendaraan standart Supra X 125 FI dan penambahan plasma dengan mengunakan variasi celah busi 0.5, 0.7, 0.9. Terhadap performa kendaraan meliputi : 1). Torsi, 2). Daya, 3). Konsumsi bahan bakar, 4). Emisi gas buang.


Metodologi penelitian ini adalah : 1). Metode eksperimen dengan desain penelitian A,B/C desain untuk mengungkap tentang efektivitas penggunaan plasma terhadap; 2). Performa mesin sepeda motor Supra X 125 FI 4 tak 125 cc; 3). Uji bahan bakar spesifik; 4). Gas buang; 5). Menggunakan plasma; 6). Celah busi 0.5, 0.7, 0.9. pada penelitian ini menganalisa perbedaan pada kendaraan Supra X 125 FI 4 tak.


Hasil penelitian ini adalah; 1). Terdapat perbedaan pada torsi kendaraan saat menggunaka plasma dengan menggunakan celah busi 0.7 dengan hasil 9,91 N.m; 2). Perbedaaan daya mesin yang tinggi pada kendaraan saat menggunakan plasma dengan variasi celah busi 0.7 dengan hasil 0,977 Hp; 3). Pengaruh yang spesifik pada saat pengujian Bahan bakar spesisfik saat mengunakan plasma dengan variasi celah busi 0.5 dengan hasil 1,01 Hp/kg.jam; 4). Pebedaaan pengaruh penggunaan plasma pada penurunan CO2 dengan menggunakan variasi celah busi 0.7 dengan hasil 10,80 %.


Kata kunci : Plasma, performa, Uji bahan bakar spesifik, Emisi gas buang

References

AKHIR, P. (2016). Pembuatan Media Pembelajaran Sistem Pengapian Transistor Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Muhammadiyah Ngawen

Aprinaldi, A., Agus, N., & Afdhal Kurniawan, M. Kaji Eksperimental Pengaruh Modifikasi Kepala Silinder Terhadap Campuran Bahan Bakar–Udara (Air-Fuel Ratio)(Studi Kasus Pada Mesin Honda GX-160) (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).

Dhee, 2020, Penelitian Eksperimen. https://ometlit.com/desain-penelitian-eksperimen/

Elvin Bukit Vilarta. 2020.Pengaruh penggunaan ignition stabilizer dan ignition booster terhadap konsumsi bahan bakar, performa engine, dan emisi gas buang pada sepeda motor. Skripsi. Semarang: Fakultas Teknik Pendidikan Teknik Otomotif.

EPY NOVIANDRI, N. O. V. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Gafar, S., Gunawan, I., & Usman, I. Pengaruh Penggunaan Cdi Standar dan Cdi Racing Tipe Juken 5 dengan Menggunakan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Yamaha Mio M3 125 Cc.

Haruna, H., Lahming, L., Amir, F., & Asrib, A. R. (2019). Pencemaran Udara Akibat Gas Buang Kendaraan Bermotor Dan Dampaknya Terhadap Kesehatan. UNM Environ. Journals, 2(2), 57.

Hidayat, N., & Ikhsan, R. (2018). Alat peraga sistem pengapian elektronik arus searah/Cdi-Dc pada sepeda motor Shogun 110. Polhasains: jurnal sains dan terapan Politeknik Hasnur., 6(01), 31-34.

Hutri Leonard Adson Umbu Guyi. 2020. Pengaruh variasi derajat pengapian Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor 4 Tak 110 CC. Skripsi. Semarang: Fakultas Sains dan Teknologi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Otomotif Universitas Ivet Semarang.

Joga, N. (2013). RTH 30 Persen Resolusi Kota Hijau. Gramedia Pustaka Utama.

Ledy Kusuma et al. 2011. Pengaruh jumlah pemasangan ignition bosster dan pemakaian jenis busi terhadap emisi gas buang CO pada sepeda motor Yamaha V-ixion. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan.

Murdianto, A. (2012). Pengaruh Penggunaan Stabiliser Tegangan Elektronik Dan Variasi Busi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Yamaha Mio Soul Tahun 2010.

Muziansyah, D. (2015). Model emisi gas buangan kendaraan bermotor akibat aktivitas transportasi (Studi kasus: Terminal Pasar bawah ramayana kota Bandar Lampung). Jurnal Rekayasa Sipil dan Desain (JRSDD), 3(1), 57-70.

Rochim, A. A. N., Suwignyo, J., & Fatra, F. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN CAMSHAFT RACING DAN KNALPOT RACING TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR MATIC 125 CC TAHUN 2013. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 3(1), 94-101.

Romadoni, A., H. Bugis., dan Karno. 2012. Pengaruh Penggunaan Ignition Booster Pada Kabel Busi Dan Penambahan Metanol Pada Bahan Bakar Premium Terhadap Emisi Gas Buang CO Dan HC Pada Honda Supra X 125 Tahun 2007.

Salim, RA, & Kristanto, P. (2014). PERANCANGAN SISTEM PENGAPIAN DUA BUSI PADA KENDARAAN HONDA GL PRO. Mekanova , 3 .

Sanusi, M., Uloli, H., & Arafat, M. Y. (2019, December). PENGARUH VARIASIJENIS BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR VIXION 155cc VVA TIPE INJEKSI TAHUN 2018. In SemanTECH (Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora) (Vol. 1, No. 1, pp. 202-209).

Sera, M. A. 2015. Optimasi Daya Mesin Dan Konsumsi Bahan Bakar Mesin Toyota Seri 5k Melalui Penggunaan Pengapian Booster.

Syahril, M., Untoro, B. S., & Leydon, S. (2013). Pengaruh Variasi Unjuk Derajat Pengapian Terhadap Kerja Mesin. Jurnal Teknik, 3.

Teknisi. 2016. Kapasitor elektrolit. https://panduanteknisi.com/jenis-kapasitordan-fungsinya.html/kapasitor-elektrolit. Di akses pada 12 Februari 2020.

Warso, W., & Wibowo, T. N. (2019). Pengaruh Variasi Ignition Timing Terhadap Performance Motor 4 Langkah 1 Silinder Dengan Bahan Bakar Pertalite Dan Hidrogen-Pertalite. Iteks, 11(1).
Published
2024-12-30
How to Cite
MAHFUD, Aziz Amin; MAHENDRA, Sena; ARIWIBOWO, Bayu. PENGARUH PENGGUNAAN PLASMA DAN VARIASI CELAH BUSI TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR 4 TAK 125 CC. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 178 - 190, dec. 2024. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/3631>. Date accessed: 08 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joveat.v6i2.3631.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.