PENGARUH MODIFIKASI SUDUT KONTAK DRIVE PULLEY DAN VARIASI BERAT ROLLER CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR MATIC INJEKSI 4 TAK 110 CC
Abstract
Perkembangan teknologi di bidang otomotif sebagai alat penunjang kehidupan yang dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Penggunaan sepeda motor yang terus meningkat dari tahun ke tahun berdampak pada konsumsi bahan bakar minyak bumi yang meningkat pula, oleh karena itu perlu dilakukan inovasi pada kendaraan agar mampu menurunkan tingkat konsumsi bahan bakar tanpa mengurangi performa mesinya. Seiring bertambahnya usia pakai kendaraan matic akan mengakibatkan penurunan preforma mesin sehingga perlu diadakan usaha-usaha untuk meminimalisir penurunan performa kendaraan.
Hasil penelitian : 1). Pengaruh sudut kontak drive pulley 13,5° dan roller 10 gram menghasilkan torsi lebih kecil dari standarnya di 4000 rpm. Sudut kontak 13,5° dan roller 10 gram torsi turun 3,77%. Sudut kontak 13,5° dan roller 13 gram torsi turun 0,47%. Sudut kontak 14° dan roller 10 gram torsi naik 2,83%. 2). Pengaruh penggunaan sudut kontak drive pulley 13,5° dan roller variasi 10 gram memiliki kenaikan daya tertinggi di rpm 7000. Sudut kontak 13,5° dan roller 10 gram daya naik 4,64%. Sudut kontak 13,5° dan roller 13 gram daya naik 9,67%. Pada sudut kontak 14° dan roller 10 gram daya naik 3,87%. 3). Pengaruh sudut kontak drive pulley 13,5° dan roller variasi 10 gram menghasilkan Spesific Fuel Consumption (SFC) lebih kecil dari standarnya di rpm 8000. Sudut kontak 13,5° dan roller 10 gram turun 12,41%. Sudut kontak 13,5° dan roller 13 gram turun 9,65%. Sudut kontak drive pulley 14° dan roller 10 gram turun 2,07%.
References
Bahtiar, F. Z. (2015). Campuran Minyak Limbah Plastik ( Low Density Waste Polyethilene Oil ) Dengan Premium Dan Pertamax Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor. Jurusan FakultasTeknik Mesin , Universitas Negeri Semarang, 1–61.
Fernanda, A., Mahendra, S., & Ariwibowo, B. (2022). Pengaruh Penggunaan Injektor Racing Dengan Variasi Bahan Bakar Terhadap Performa Dan Emisi Gas Buang Mesin 4 Tak 150 Cc. 4(2), 84–97.
Putra, R. C., Mahendra, S., Wibowo, B. A., & ... (2021). Pengaruh Variasi Busi Dan Bahan Bakar Terhadap Performa Sepeda Motor 4 Tak 110Cc. Journal of Automotive …, 02(2), 10–20. http://journal.upy.ac.id/index.php/jatve/article/view/2063
Riyanto, L., Suwignyo, J., & Mahendra, S. (2022). Pengaruh Variasi Injector Dengan Bahan Bakar Terhadap Performa Mesin Dan Emisi Gas Buang Yamaha Soul Gt 2014. 4(2), 77–83.
Salam, R., Dinas, T., Kerja, D., Transmigrasi, B., Latihan, K., Provinsi, K., & Selatan, P. M. (2016). Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller Pada Sistem CVT (Continuously Variable Transmission) Terhadap Performa Sepeda Motor Honda Beat 110CC Tahun 2009. 1–6.
Sarwono, Eddy. 2017. Mengenal Lagi Jenis-jenis Transmisi yang Digunakan Motor. https://www.gridoto.com/read/221006684/mengenal-lagi-jenis-jenis-transmisi-yang-digunakan-motor. (diakses tanggal 15 November 2022).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Winoko, Y. A., & Rantetampang, T. A. (2022). Pengaruh Modifikasi Puli Primer Cvt Terhadap Performa Sepeda Motor Matic 110 Cc. Jurnal Teknik Mesin Sinergi, 20(1), 50. https://doi.org/10.31963/sinergi.v20i1.3385
Yamin, D.-I. M., & Widyarso, A. A. (2012). Analisa dan Pengujian Roller Pada Mesin Gokart Matic. Academia.Edu, 1–10.