ANALISIS RE-MAPPING ECU DAN VARIASI PEGAS CVT TERHADAP PERFORMA MESIN MATIC 4 TAK 110 CC

  • Ajib Afindala Universitas Ivet
  • Bayu Ariwibowo Universitas Ivet
  • Nurul Burhan Universitas Ivet

Abstract

Berkembangnya teknologi di dunia otomotif yang sangat pesat, hal ini mendorong manusia untuk berpindah ke kendaraan menggunakan sistem EFI yang mempunyai campuran bahan bakar yang irit dan performa yang lebih optimal, serta menghasilkan emisi gas buang yang rendah. Pada sistem EFI pada pabrik dinilai kurang menghasilkan daya yang kurang maksimal, maka dari itu perlu dilakukan re-mapping ECU pada kendaraan sistem EFI, agar mampu menaikkan performa di banding setelan pabrik. Penggunaan pegas CVT yang tepat juga akan mempengaruhi performa yang dihasilkan oleh mesin kendaraan. Hasil penelitian: (1) Penggunaan ECU remapping dan pegas CVT racing menghasilkan torsi tertinggi pada mapping bahan bakar 5% sudut pengapian 2° dan limiter 11000 rpm torsi naik 15% di 4000 rpm dan 16% di 7000 rpm, (2) Daya tertinggi pada mapping bahan bakar 5% sudut pengapian 2° dan limiter 11000 rpm menggunakan pegas racing naik 13% di 4000 rpm dan 16% di 7000 rpm, (3) Specific fuel consumption terbaik setelah di lakukan remapping mencapai 19% pada 4000 rpm dan 6% di 7000 rpm saat mapping bahan bakar 5% sudut pengapian 2° dan limiter 11000 rpm, (4) Terdapat perubahan emisi gas buang setelah mapping bahan bakar 3% sudut pengapian 1° dan limiter 11000 rpm CO meningkat 32%, HC menurun 19%, CO2 naik 3%, dan O2 tetap. Lalu mapping bahan  bakar 5% sudut pengapian 2° dan limiter 11000 rpm CO meningkat 91%, HC naik 42%, CO2 turun 2%, dan O2 tetap. Dan mapping bahan bakar 10% sudut pengapian 3° dan limiter 11000 rpm CO meningkat 5%, HC meningkat 6%, CO2 dan O2 sama dengan ECU standar.

References

Aisi. (2022). ASOSIASI INDUSTRI SEPEDA MOTOR INDONESIA. Aisi. https://www.aisi.or.id/statistic/
Aji, A., & Triyono, J. (2017). Studi Eksperimental Pengaturan Waktu Pengapian Pada Mesin 4 Langkah 1 Silinder Berbahan Bakar E25. Rotasi, 19(3), 165. https://doi.org/10.14710/rotasi.19.3.165-171
Bahtiar, F. Z. (2015). Campuran Minyak Limbah Plastik ( Low Density Waste Polyethilene Oil ) Dengan Premium Dan Pertamax Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor. Jurusan FakultasTeknik Mesin , Universitas Negeri Semarang, 1–61.
Dharma, G. A., & Wulandari, D. (2013). PENGARUH PEMAKAIAN VARIASI PEGAS SLIDING SHEAVE TERHADAP PERFORMANCE MOTOR HONDA BEAT 2011. 02, 126–131.
GUBERNURDIY. (2010). PERATURAN GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NOMOR 39 TAHUN 2010 TENTANG BAKU MUTU EMISI GAS BUANG SUMBER BERGERAK KENDARAAN BERMOTOR.
Jama, J. (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 2 Smk. In Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Nakoela Soenarta., & Furuhama, S. (1995). Motor serba guna.
Robianto, R., Mahendra, S., & Fatra, F. (2022). Analisis Varian Hole Injektor dan Bahan Bakar Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Matic 4 Tak 110 CC. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 4(1), 190–206.
Satudju, D. (1991). Studi perencanaan udara kendaraan bermotor di DKI Jakarta.
Setiadi, G. (2020). Gak Pakai Ribet, Remap ECU Standar Motor Cuma Perlu Syarat Ini Bro! Motorplus-Online.Com. https://www.motorplus-online.com/read/252318191/gak-pakai-ribet
Setyadji, M. (2008). Characteristics of Biodiesel from Spent Cooking Oil and Diesel. Berkala MIPA, 18(2), 102–114.
Sinaga, Nazaruddin, Dewangga, A. (2012). Pengujian Dan Pembuatan Buku Petunjuk Operasi Chassis Dinamometer Tipe Water Brake . Rotasi, 14(3), 8–12.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Uje. (2021). Jarang Yang Sadar, Begini Tanda Per CVT Motor Matic Mulai Lemah. Gridoto.Com. https://www.gridoto.com/read/222646751/jarang-yang?page=2
Published
2025-05-31
How to Cite
AFINDALA, Ajib; ARIWIBOWO, Bayu; BURHAN, Nurul. ANALISIS RE-MAPPING ECU DAN VARIASI PEGAS CVT TERHADAP PERFORMA MESIN MATIC 4 TAK 110 CC. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 9-19, may 2025. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/4094>. Date accessed: 15 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joveat.v7i1.4094.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.