PENGARUH KOMPETENSI ABAD 21 DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis pengaruh kompetensi abad 21 terhadap hasil belajar, (2) menganalisis pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar siswa, (3) menganalisis pengaruh kompetensi abad 21 dan literasi digital terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat expost facto. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Populasi dan sampel sebanyak 103 siswa. Pengujian data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolah data spss versi 24.0. Hasil analisis menunjukkan (1) Kompetensi abad 21 terhadap Hasil belajar dalam kategori sangat setuju. Hal ini ditunjukkan 83 (81%) dari 103 responden siswa memberikan tanggapan terhadap kompetensi abad 21 berada pada kategori sangat setuju. (2) Literasi Digital terhadap Hasil Belajar dalam kategori sangat steuju. . Hal ini ditunjukkan 98 (95%) dari 103 responden siswa memberikan tanggapan terhadap literasi digital dalam kategori sangat setuju. (3) Terdapat pengaruh Kompetensi Abad 21 dan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar. Yang mana dibuktikan dari hasil uji F yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig) = 0,000 < probabilitas 0,05 dan nilai F hitung = 140,691 > F tabel 1,41. Sehingga memenuhi syarat untuk menjawab Hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh kompetensi abad 21 dan literasi digital terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK Pembangunan Nasional Purwodadi” dapat diterima.
References
Ariwibowo, B., Prasetyani, H., Atika, A., & Marlis, A. (2021). Urgensi self-directed learning dan komunikasi peserta didik pada virtual based learning. Jurnal Taman Vokasi, 9(2), 133-139.
Hadi, S.1996. Metodologi Research. Yogyakarta: BPFE
Nasoetion, Andi Hakim. (1992). Pandun Berpikir dan Meneliti Secara Ilmiah bagi Remaja. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Prabawati, S. (2019). Pengaruh efikasi diri, pendidikan kewirausahaan, literasi keuangan, dan literasi digital terhadap perilaku berwirausaha siswa SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1).
Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Abad 21. SEMNASFIP.
Rusmana, D. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik SMK. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(1), 17-32.
Sappaile, B. I. (2010). Konsep penelitian ex-post facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-16.
Sugiyono, 2009.Metode penelitian administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono, 2012. Statistika untuk penelitian. Bandung : CV. Alfaeta
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suherdi, D. (2021). Peran literasi digital di masa pandemik.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. SAPA-Jurnal Kateketik dan Pastoral, 4(1), 46-58.
Umar, Husein. 2002. Evaluasi Kinerja Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.