PENGARUH RE-MAPPING ECU DAN VARIASI BUSI TERHADAP PERFORMA MESIN MATIC 4 TAK 110 CC
Abstract
Berkembangnya teknologi di dunia otomotif yang sangat pesat, hal ini mendorong manusia mulai meninggalkan kendaraan bermotor yang masih menggunakan sistem karburator dan beralih menggunakan sistem EFI. Pada sistem EFI pada pabrik dinilai kurang menghasikan daya yang maksimal, maka dari itu perlu dilakukan re-mapping ECU pada kendaraan sistem EFI, agar mampu menaikan performa di banding setelan pabrik. Penggunaan busi yang tepat juga akan mempengaruhi performa yang dihasilkan oleh mesin kendaraan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Torsi paling tinggi adalah pada penggunaan busi racing/iridium dengan mapping bahan bakar 5% sudut pengapian 2° dan limiter 11.000 rpm torsi naik 11% di 4.000 rpm dan 12% di 7.000 rpm; (2) Daya paling tinggi adalah pada saat mapping bahan bakar 5% sudut pengapian 2° dan limiter 11.000 rpm dan menggunakan busi racing daya naik 9% di 4.000 rpm dan 12% di 7.000 rpm; (3) Specific fuel consumption (SFC) terbaik pada saat penggunaan busi racing dan ECU standart mencapai penurunan sebesar 13% pada 4.000 rpm dan 12% di 7.000 rpm. Hasil SFC tersebut merupakan hasil paling baik daripada saat mapping yang lainnya; (4) Pada emisi gas buang tingkat CO menurun sangat drastis sebesar 59% pada ECU standart dan penggunaan busi racing, CO2 pada ECU mapping bahan bakar 3% sudut pengapian 1° limter 11.000 rpm, HC mengalami penurunan tertinggi sebesar 25% pada pengunaan busi racing pada ECU standart dan pada ECU mapping bahan bakar 3% sudut pengapian 1° limiter 11.000 rpm. O2 paling rendah dengan penurunan 3% pada penggunaan ECU standart dan pada penggunaan busi racing.
References
Basuki, Rachmawati Putri, and I Gede Eka Lesmana. 2019. “Analisa Pengaruh Variasi Waktu Pengapian Untuk Bahan Bakar Pertalite, Pertamax, Dan Pertamax Turbo Terhadap Kinerja Motor Honda Beat Dengan Metode Eksperimental.” Seminar Nasional Teknik Mesin 2021 9(1): 77–86.
Fitra, Viki Alfiana. 2021. “Analisis Pengaruh Variasi Camshaft Terhadap Performa Dan Emisi Gas Buang Mesin Sepeda Motor 4 Langkah 160 Cc.” 3(1): 74–82.
Mahendra, Sena, and Didik Rohmantoro. 2021. “Pengaruh Performa Mesin Sepeda Motor Matik 4 Tak 110 CC Terhadap Penggunaan Piggyback Fuel Adjuster Iquteche.” Journal of Automotive Technology Vocational Education 02(2): 1–9.
Mesin, Jurnal Teknik. 2022. “Pengaruh Perubahan Remapping Ecu Terhadap Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Cb 150 R.” Teknik Mesin 02: 19–23.
Mintoro, Sigit. 2017. “Optimasi Kinerja ECU ( Electronic Control Unit ) Melalui Pemrograman Remapping Pada Mesin EFI.” SEMNAS IIB DARMAJAYA Kotabumi: 458–71.
Muhamad, Z, and G Alex. 2021. “Bahan Bakar Dan Remapping Derajat Pengapian Menggunakan Sistem Dual Fuel Biogas-Pertalite Terhadap Performa Sepeda Motor.” Jurnal Teknik Mesin Vol.9, No.: 1–39. http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/JTM/article/view/2341.
Putra, R C, S Mahendra, B A Wibowo, and ... 2021. “Pengaruh Variasi Busi Dan Bahan Bakar Terhadap Performa Sepeda Motor 4 Tak 110Cc.” Journal of Automotive …. http://journal.upy.ac.id/index.php/jatve/article/view/2063.
Sriyanto, Joko. 2019. “Pengaruh Tipe Busi Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor.” Automotive Experiences 2(2): 41–46.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widiyanto, Bayu Ari, Imam Muda Nauri, and Erwin Komara Mindarta. 2022. “Pengaruh Penambahan Power Jet Dengan Variasi Ukuran Pada Mekanisme Karburator Terhadap Akselerasi Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor 110 Cc.” Jurnal Teknik Otomotif?: Kajian Keilmuan dan Pengajaran 4(1): 23.