PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap kesiapan kerja pada Siswa kelas XII TBSM SMK Yasemi Karangrayung 2) Untuk menganalisis pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja pada Siswa kelas XII TBSM SMK Yasemi Karangrayung 3) Untuk menganalisis pengaruh literasi digital dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja pada Siswa kelas XII TBSM SMK Yasemi Karangrayung. Jenis penelitian yang di gunakan pada penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang bersifat ex post facto. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Populasi sebanyak 160 siswa. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah Teknik proportional random sampling dengan rumus Solvin dengan jumlah sample 114 siswa. Pengujian yang di gunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokolerasi, uji multikolinearitas dan uji heteroskedasitas. Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana regresi ganda, uji t, uji F, uji Adjusted R Square (determinan) dengan menggunakan bantuan program pengolahan spss versi 25.0. Hasil uji t Literasi digital nilai sig. sebesar 0,000 di bawah 0,05 sehingga H1 di terima. Pengalaman Praktik Kerja Industri nilai sig. sebesar 0,000 di bawah 0,05 sehingga H2 di terima. Ada pengaruh positif Literasi Digital dan Pengalama Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII TBSM SMK Yasemi Karangrayung. Uji F nilai sig. sebesar 0,0000 lebih rendah dari 0,05 sehingga H3 di terima. Berdasarkan hasil hitungan determinan di peroleh nilai Adjusted R Square sebesar 39.9%.
References
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Mauludy, F. N. (2020). Pengaruh Literasi Dalam Pembelajaran dan Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Teknik Otomotif SMK Tlogosari Semarang. Skripsi. Semarang : Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Ivet.
Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja. Jurnal Literasiologi. Vol 4 nomor (1), 111–117.
Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja. Vol 11 nomor 1, 2252-4657
Putri, R. Y., & Supriansyah, S. (2021). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kesiapan Kerja Generasi Z di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol nomor 35, 3007–3017.
Singarimbun, M dan Efendi,. (1995), Metode Penelitian Survey, Jakarta : PT. Pustaka LP3ES.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunarto, ST. (2012). Metodologi Penelitian. Semarang Unnes Press.
Umar, Husein. 2002. Evaluasi Kinerja Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Widhigdo, H. (2017). Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja Dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Tulung Klaten (Doctoral dissertation, PTO-FKIP).