PENGARUH KETERSEDIAN ALAT PRAKTIKUM DAN KETERCAPAIAN PEMBELAJARAN TERHADAP KOMPETENSI PEMELIHARAAN KOMPONEN KELAS XI SMK YASIHA GUBUG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh ketersediaan alat praktikum terhadap kompetensi melaksanakan pemeliharaan komponen, (2) mengetahui pengaruh tingkat ketercapaian pembelajaran terhadap kompetensi melaksakan pemeliharaan komponen, (3) mengetahui pengaruh ketersediaan alat praktikum dan ketercapaian pembelajaran kompetensi melaksanakan pemeliharaan komponen di SMK Yasiha Gubug tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat expost facto. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Populasi dan sampel sebanyak 80 siswa. Pengujian data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Sedangkan uji hipotesis data dengan menggunakan uji regresi sederhana, uji regresi ganda, uji T, uji F, uji R square (determinan) dengan menggunakan program pengolah data spss versi 24.0. Hasil analisis menunjukkan (1) Ketersediaan Alat Praktik (X1) terhadap Kompetensi Pemeliharaan Komponen (Y) dalam kategori sangat setuju. (2) Ketercapaian Pembelajaran (X2) terhadap Kompetensi Pemeliharaan Komponen (Y) dalam kategori sangat setuju. (3) Terdapat pengaruh Ketersediaan Alat Praktik (X1) dan Ketercapaian Pembelajaran (X2) terhadap Kompetensi Pemeliharaan Komponen (Y) kelas XI TKRO di SMK Yasiha Gubug. Yang mana dibuktikan dari hasil uji F yang menunjukan nilai signifikansi (Sig) = 0,000 < Probabilitas 0,05 (5%) dan nilai Fhitung 27,574 > ttabel 1,41.
References
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta
Fuad, M. L., Abdillah, F., Mahendra, S., & Suwignyo, J. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Teknik Otomotif Terhadap Kesiapan Praktik Kerja Industri Pada Siswa Kelas XI TKR SMK Kesuma Margoyoso Pati. Journal of Automotive Technology Vocational Education, 1(1), 1-8
Kamaludin, A., Ariwibowo, B., & Suwignyo, J. (2021). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kompetensi Alat Ukur Dasar Di SMK Bhakti Praja Talang – Tegal. Journal Of Vocational Education And Automotive Technology, 3(2), 37-43.
Kepmenaker. (2018). Penetapan SKKNI Kategori Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor Golongan Pokok Perdagangan, Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor Bidang Otomotif Subbidang Kendaraan Ringan Roda 4 (Empat
Nasution (1992), Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Penerbit Tarsito, Bandung.
Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Slameto. 2003. Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2006. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar . Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya