KARAKTERISTIK MESIN MATIC 4 TAK 110CC DENGAN CAMPURAN METANOL PADA PERTALITE DAN RE-MAPPING ECU MELALUI PENGUJIAN PERFORMA

  • Agung Nugroho Universitas Ivet
  • Fuad Abdillah Universitas Ivet
  • Miftah Hafidz Universitas Ivet

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan metanol pada pertalite dan remapping ECU terhadap performa sepeda motor Beat eSP 110cc. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil torsi terbaik pada ECU remapping 3% metanol 20% yaitu sebesar 9.77 N.m, (2) hasil daya terbaik pada ECU remapping 3% metanol 20% yaitu sebesar 5.12 HP, (3) hasil SFC tertinggi pada ECU remapping 3% metanol 20% yaitu sebesar 0.5086 L/HP.h, (4) emisi gas ECU standard dan 3 variasi remapping ECU yaitu remapping 1%, 2%, 3% dengan pengapian dimajukan 1 derajat menggunakan bahan bakar pertalite ditambah metanol 5%-20%. Pada karbonmonoksida (CO) mengalami penurunan sebesar 85.8%, sedangkan untuk hydrocarbon (HC) juga mengalami penurunan yaitu sebesar 33.9%, kemudian pada karbondioksida (CO2) mengalami kenaikan sebesar 31.4%, lalu untuk oksigen (O2) mengalami penurunan sebesar 32.3%.buang. Harga ekonomis bahan bakar, dengan kita menambahkan metanol 5% pada pertalite dapat memperoleh harga Rp.10.060 per liter dengan nilai oktan 110 RON.

References

Ariawan, I. W. B. (2016). Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Daya, Torsi Dan Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Bertransmisi Otomatis. 2(1), 51–58.
Eka Pradana, P., Sanjaya, L. S., & Qurohman, T. (2017). Pengaruh Penambahan Metanol Pada Bahan BakarPertalite Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi GasBuang Mesin Supra X 2001 100Cc. Perpustakaan Politeknik Tegal. https://perpustakaan.poltektegal.ac.id/index.php?p=fstream-pdf&fid=22845&bid=4208555
Fatra, F., Mahendra, S., & Setiawan, I. (2023). Analisis re-mapping ECU terhadap performa mesin sepeda motor injeksi 4 tak 150cc The effect of standard ECU re-mapping variations using pertamax fuel on the performance of a 150cc 4 stroke injection motorcycle. 11(1), 41–49.
Julianto, E., & Sunaryo, S. (2020). Analisis Pengaruh Putaran Mesin Pada Efisiensi Bahan Bakar Mesin Diesel 2Dg-Ftv. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(3), 225–231. https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i3.1282
Lapisa, R., Paslah, R., Andrizal, & Hidayat, N. (2023). Penggunaan ECU Standar Dan Remap Pada Motor Honda Beat PGM-FI Tahun 2014 Torsi, Tenaga, Konsumsi Bahan Bakar, Dan Emisi Gas Buang. Ensiklopedia of Journal, 5(3), 46–51.
Mintoro, S. (2017). Optimasi Kinerja ECU ( Electronic Control Unit ) Melalui Pemrograman Remapping Pada Mesin EFI. SEMNAS IIB DARMAJAYA Kotabumi, 458–471.
Nasution, M. (2022). Bahan Bakar Merupakan Sumber Energi yang Sangat Diperlukan dalam Kehidupan Sehari Hari. Journal of Electrical Technology, 7(1), 29–33.
Nugraha, B. S. (2020). Aplikasi Teknologi Injeksi Bahan Bakar Elektronik (EFI) untuk mengurangi Emisi Gas Buang Sepeda Motor. Ilmiah Populer Dan Teknologi Terapa, 5(2), 1693–3745.
Pakpahan, B., C. Silalahi, Gultom, D., Sihombing, E., Simanjuntak, J., Munthe, L., Panjaitan, P., & Lubis, R. (2021). ANALISIS PERFORMANSI MOTOR BAKAR PADA GENERATOR-SET DENGAN KAPASITAS DAYA 440kW II. SINERGI POLMED: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 2(2), 18–27. https://doi.org/10.51510/sinergipolmed.v2i2.27
Peraturan Gubernur DIY. (2010). Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 39 Tahun 2010 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Sumber Bergerak Kendaraan Bermotor.
Prasetya, E., & Suryanto, H. (2022). Pengaruh Campuran Bahan Bakar Pertalite dan MetanolTerhadap Emisi Gas Buang Dan Performa Mesin Sepeda MotorEmpat Langkah. Jme (Jurnal Mekanika Dan Energi), 1, 1–8.
Prastyo, M. E., Mahendra, S., & Ariwibowo, B. (2022). Uji Performa Sepeda Motor Injeksi Matic Yang Menggunakan Campuran Premium Dengan Etanol. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 4(1), 27–35.
Putra, O. Y., Martias, D., Pd, M., & Alwi, D. E. (2014). Pengaruh Pencampuran Premium Dan Metanol Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor Vario Techno PGM-FI. Jurnal Penelitian, 1(2), 2–10.
Rifal, M. (2020). Kaji Eksperimental Rasio Metanol-Bensin Terhadap Konsumsi Bahan Bakar , Emisi Gas Buang , Torsi Dan Daya. 47–54.
Riyadi, N. S. (2020). Pengaruh Campuran pertalite dan Metanol Terhadap Daya dan Torsi Mesin Bensin 4 Langkah 100 CC. 92.
Setiaji, D. (2008). Bab ii dasar teori 2.1. Pengaruh Perlakuan Panas Dan Penuaan, 5–18.
Sugiarto, T., Putra, D. S., Purwanto, W., & Wagino, W. (2018). Analisis Perubahan Output Sensor Terhadap Kerja Aktuator pada Sistem EFI (Electronic Fuel Injection). INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.418
Susilo, S. H., Suharono, M. F., Rarindo, H., & Wicaksono, H. (2020). Analisa Campuran Metanol–Pertalite Terhadap Kinerja Dan Suhu Kerja Motor. Jurnal Energi Dan Teknologi Manufaktur (JETM), 3(01), 27–34. https://doi.org/10.33795/jetm.v3i01.53
Tain, A., Syarifudin, ), & Arfi, R. (2018). Pengaruh Penambahan Metanol Pada Bahan Bakar Pertamax Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Pompa Air.
Published
2025-05-31
How to Cite
NUGROHO, Agung; ABDILLAH, Fuad; HAFIDZ, Miftah. KARAKTERISTIK MESIN MATIC 4 TAK 110CC DENGAN CAMPURAN METANOL PADA PERTALITE DAN RE-MAPPING ECU MELALUI PENGUJIAN PERFORMA. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 59-68, may 2025. ISSN 2715-9922. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/4100>. Date accessed: 15 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/joveat.v7i1.4100.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.