ANALISIS PENGARUH KETEBALAN SHIM INJEKTOR NOZZEL TERHADAP WAKTU KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA MITSUBISHI CANTER
Abstract
Persaingan kendaraan niaga di pasar otomotif Indonesia kian tumbuh dan berkembang semakin pesat. Kendaraan diesel dapat mengalami penurunan performa setelah pemakaian lebih dari 5 tahun. Penurunan performa kendaraan itu dapat disebabkan oleh beberapa macam masalah seperti sistem bahan bakar yang tersumbat atau bermasalah, injector nozzle yang kotor sehingga terjadi penyumbatan pada nozzel yang menyebabkan tekanan nozzle itu berkurang. Bahan bakar yang digunakan pun menjadi boros sehingga tenaga atau performa yang dihasilkan pun berkurang. Pencemaran udara yang disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor dapat menimbulkan dampak negatif, baik terhadap kesehatan manusia maupun lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh ketebalan shim injector nozzle terhadap konsumsi bahan bakar, (2) Menganalisis pengaruh ketebalan shim injector nozzle terhadap emisi gas buang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dan menggunakan metode kuantitatif untuk menganalisa pengaruh ketebalan shim pada injector nozzel yang mempengaruhi terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Ukuran ketebalan shim pada injector nozzel yang lebih tipis akan menghasilkan tekanan injector yang kecil dan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang irit serta menghasilkan emisi gas buang yang kecil persentasenya. (2) Ukuran ketebalan shim pada injector nozzel yang tebal akan menghasilkan tekanan injector yang lebis besar serta menghasilkan konsumsi bahan bakar yang boros serta menghasilkan emisi gas buang yang besar persentasenya.
References
Akhmadi, A. N., & Qurohman, M. T. (2017). Analisis Pengaruh Ketebalan Shim terhadap Perubahan Tekanan Pengabutan Nozzle Tipe Satu Lubang pada Isuzu Panther. SINTEK JURNAL: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 11(2), 69–78. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/sintek/article/download/2091/1768
Akhmadi, A. N., & Qurohman, M. T. (2017). Analisis Pengaruh Ketebalan Shim terhadap Perubahan Tekanan Pengabutan Nozzle Tipe Satu Lubang pada Isuzu Panther. SINTEK JURNAL: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 11(2), 69–78. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/sintek/article/download/2091/1768
Anugrah, R. A. (2021). Analisis Pengaruh Kalibrasi Pompa Injeksi Tipe Inline dan Injektor Motor Diesel Terhadap Volume dan Tekanan Penginjeksian. Jurnal Teknik Mesin, 10(1), 9. https://doi.org/10.22441/jtm.v10i1.10192
Ariyawan Syahroni, M. F. (2017). (2017). Analisa pengaruh penambahan racor pada sistem bahan bakar mitsubishi type kb4 t common-rail. 113–122. Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682
Bernardi, A., H.D, A. N., & Nurhadi. (2018). Pengaruh variasi sudut tuas kecepatan pompa injeksi terhadap konsumsi bahan bakar mitsubishi diesel l300. RIDTEM (Riset Diploma Teknik Mesin), I(2), 47–52.
Dharma, U. S., Nugroho, E., & Fatkuahman, M. (2018). Analisa Kinerja Mesin Diesel Berbahan Bakar. Jurnal Teknik Mesin Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1), 1–10.
Digiroom, A., & Toyota, D. (2021). 5 Penyebab Mesin Diesel Kurang Tenaga. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/penyebab-mesin-diesel-kurang-tenaga#
Dori Yuvenda, Bambang Sudarmanta, Randi Purnama Putra, Martias, E. A. (2019). Pengaruh Tekanan Injeksi Gas Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Efisiensi Termal pada Mesin Diesel Dual Fuel. http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/349/93
Endyani, I. D., & Putra, T. D. (2011). Pengaruh Penambahan Zat Aditif Pada Bahan Bakar. Proton, 3(1), 29–34.
Erwin Asmara, R. G., & Dwisetiono. (2022). Analisa Kegagalan Sistem Bahan Bakar Kapal Dengan Menggunakan Metode Preliminary Hazard Analysis 66 (PHA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Hexagon Jurnal Teknik Dan Sains, 3(1), 34–39. https://doi.org/10.36761/hexagon.v3i1.1348
Eryadi, Didi, Putra , Toni Dwi, D. (2012). PROTON, Vol. 4 No 2 / Hal 5-9. Pengaruh Penggunaan Alat Penghemat Bahan Bakar Berbasis Elektromagnetik Terhadap Unjuk Kerja Mesin Diesel, 4(2), 5–10.
Finto Purwanto, Akhmad Farid, M. A. S. (n.d.). Analisa Pengaruh Tekanan Pembukaan Injektor (Nosel) Terhadap Kinerja Mesin Pada Motor Diesel Injeksi Tidak Langsung/indirect Injection. https://www.neliti.com/id/publications/220780/analisa-pengaruh-tekananpembukaan-injektor-nosel-terhadap-kinerja-mesin-pada-mo
Ginting, T. (2019). Pengaruh tekanan nozzel terhadap emisi gas buang ramah lingkungan mesin disel type c190. Piston, 4(1), 29–33. Hakim, L. (2010). Analisis Teoritis Thermodinamika. 2(1).
Hariyanto, A. (2021). Pembuatan Alat Simulasi Motor Bakar 4 Langkah Sebagai Media Pembelajaran.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (n.d.). Pengaruh Ketebalan Shim Penyetel Terhadap Pembukaan Tekanan Injektor pada Motor Diesel Injeksi. Kementrian Pendidikan,Kebudayaan,Riset Dan Teknologi. https://bbppmpvboe.kemdikbud.go.id/
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (n.d.). Pengaruh Ketebalan Shim Penyetel Terhadap Pembukaan Tekanan Injektor pada Motor Diesel Injeksi. Kementrian Pendidikan,Kebudayaan,Riset Dan Teknologi. https://bbppmpvboe.kemdikbud.go.id/bbppmpvboe/berita/detail/pengaruhketebalan-shim-penyetel-terhadap-pembukaan-tekanan-injektor-pada-motordiesel-injeksi-tidak
Mahfudin. (2022). Analisis Perbedaaan Efisiensi Pemakaian Bahan Bakar Pada Pompa Injeksi Tipe Distributor dan Tipe Inline di Motor Diesel. RODA?: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Otomotif, 2(2), 37–41.
Murni, & Indartono. (2016). Pengaruh Pemakaian Alat Pemanas Bahan Bakar Terhadap Pemakaian Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Motor Diesel Mitsubishi Model 4D34-2A17. Traksi, 16(2), 66–74.
Nasution, I., Fernandez, D., & Martias. (2015). Pengaruh Perbedaan Variasi Tekanan Injektor Terhadap Ketebalan Asap (Opasitas) Pada Diesel L300.1– 6. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/poto/article/view/1689 Sudik,
Sugeng, M., & Mukti, Y. (2020). Analisis Perbandingan Koil Pengapian Standard Dan Koil Pengapian Aftermarket Terhadap Kinerja Sepeda Motor 4 Langkah. Bina Teknika, 15(2), 147. https://doi.org/10.54378/bt.v15i2.1279
Surono, U. B., Winarno, J., & Alaudin, F. (2012). Pengaruh penambahan turbulator pada intake manifold terhadap unjuk kerja mesin bensin 4 tak. Jurnal Teknik, 2(1), 1–7. Suyanto, W., Siswanto, B. T., & Wakid, M. (2015). Karakterisasi Bahan Bakar Pada Motor Diesel (Fuel Characterization on Diesel Engine). 1, 29–44.
Utomo, E. B., Widjanarko, D., & Rahardjo, W. D. (2017). Pengembangan Multimedia Sistem Bahan Bakar Motor Diesel Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pada Kompetensi Sistem Injeksi Bahan Bakar Diesel. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 4(2), 69–77. https://doi.org/10.26858/mekom.v4i2.5129
Wibawa, I. W. S., Bagus, I. G., Kusuma, W., & Nyoman, I. (2015). Uji Variasi Tekanan Nosel Terhadap Karakteristik Semprotan Bahan. 1(2), 35–44. Zulfihar Nasra. (2013). Perbedaan variasi tekanan injektor terhadap opasitas kepekatan asap pada mitsubishi L300 diesel. Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg, 26(4), 1–37.