PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PEMBACAAN ALAT UKUR JANGKA SORONG MELALUI METODE SKILL TRAINING DENGAN MEDIA ALAT UKUR JANGKA SORONG PADA KELAS X TEKNIK OTOMOTIF 1 SMK NEGERI 1 JATI KABUPATEN BLORA JAWA TENGAH
Abstract
Penelitian ini termasuk jenis penelitian yang menekankan keterampilan dan ketepatan dalam membaca alat ukur jangka sorong. Pada SMK Negeri 1 Jati perlu adanya peningkatan hasil belajar menggunakan alat ukur jangka sorong, banyaknya metode pembelajaran yang variatif ini disebabkan oleh begitu beragamnya materi pembelajaran yang ada dimasa sekarang, hal ini juga harus adanya metode pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi dengan begitu siswa akan lebih memahami materi yang akan disampaikan oleh oleh guru. Metode skill training merupakan metode yang tepat dalam hal ini karena siswa akan memiliki keterampilan pembacaan alat ukur dengan ketepatan dan kecepatan membaca dengan baik. Hasil penelitian dengan menggunakan metode skill training pada mata pelajaran dasar-dasar otomotif menunjukkan bahwa presentase hasil belajar siswa meningkat dapat dilihat pada setiap indikatornya yang pertama di pra siklus presentase yang didapat 18 %, kemudian pada siklus yang pertama 21 % dan pada siklus 2 dihasilkan 52 % dan siklus 3 dihasilkan 85 %. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran skill training mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa.
References
Budiyanto, M. A. H. (2015). PENGARUH KEMAMPUAN PENGGUNAAN JANGKA SORONG DAN. 06(01), 108–115.
Hidayat, D. (2017). Pelatihan Keterampilan Otomotif untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.15294/pls.v1i1.15143
Hidayat, D. (2017). Pelatihan Keterampilan Otomotif untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.15294/pls.v1i1.15143
Hipo, S. (2015). Sugiyono Hipo. 49–56.
Iii, B. A. B., Pendekatanpenelitiantindakankelas, A., Tanggart, R. M., Elliot, J., & Ebbut, D. (2013). Eka Kurnia, 2013 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan dengan Gambar Berseri di Kelas III SDN Kedungkencana III Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka UPI Kampus Sumedang | repository.upi.edu. 56–80.
Isnaini, A. (2021). Published By: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Palangka Raya METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS. 1(1), 576–581.
Katenan. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Jangka Sorong pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Melalui Pendekatan Learning Expeditions Siswa Kelas XI TPM di SMK Negeri 1 Jenangan. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru, 2(3), 10–16.
Ninla Elmawati Falabiba, Anggaran, W., Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A., Wiyono, B. ., Ninla Elmawati Falabiba, Zhang, Y. J., Li, Y., & Chen, X. (2014). Penerapan Metode Number Head Together (NHT) Dalam Mata Pelajaran Pemilihan Bahan Baku Busana Siswa Kelas X di SMK Ma;arif 2 Sleman. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5(2), 40–51.
Of, I., Based, P., Methods, L., Improve, T. O., In, A., & Drawing, E. (2014). PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN. 287–294.
Pradana, B. A., & Wailanduw, A. G. (2015). Pengembangan dan Uji Coba Modul Alat Ukur Jangka Sorong dan Avometer di SMK Negeri 3 Surabay Sebagai Penunjang Implemnetasi Kurikulum 2013. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 04(02), 75–81.
Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). 2022 Hidden Kepemimpinan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Wagiran. (2013). Bahan+Ajar+Metrologi.pdf (p. 114). Deepublish
Yulianto, S., & Wijanarka, B. S. (2015). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. In Jurnal Pendidikan Vokasional. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/mesin/article/view/3289%0Ahttps://journal.student.uny.ac.id/index.php/mesin/article/viewFile/3289/2985