Optimalisasi Manajemen Humas Untuk Meningkatkan Citra Positif Sekolah
Abstract
Persaingan semakin ketat antar lembaga pendidikan untuk mendapatkan siswa baru menuntut setiap sekolah memberikan pelayanan optimal pada siswa guna mendapatkan citra positif di mata masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji optimalisasi manajemen humas dalam meningkatkan citra positif sekolah di SMK Teuku Umar Semarang. Pendekatan peneitian digunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen humas SMK Teuku Umar Semarang telah melaksanakan fungsi perencanaan, pengorganisasiaan, pelaksanaan, pengarahan, dan evaluasi. Optimalisasi program humas secara online dan offline melibatkan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal berhasil meningkatkan citra positif sekolah. Kondisi ini dapat dilihat dari indikator peningkatan pengenalan masyarakat terhadap profil sekolah, peningkatan kepesertaan siswa SMP dalam kegiatan festival Islami dan try out online dan berkontribusi positif pada peningkatan jumlah siswa pendaftar dan diterima dalam PPDB. Kelemahan program humas karena kurangnya agresivitas informasi dan promosi online serta koordinasi internal, karena berbenturan dengan padatnya jadwal mengajar para guru. Langkah penyelesaiannya adalah flexibilitas teknik koordinasi internal dan pemanfaatan media sosial secara lebih progresif dan efektif.