Studi Komparatif Prestasi Belajar Siswa Penerima Beasiswa dan Non Penerima Beasiswa PIP
Abstract
Setiap warga negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang berkualitas. Salah satu faktor yang menjadi hambatan seseorang tidak dapat mengakses pendidikan adalah kemiskinan. Untuk mewujudkan pemerataan pendidikan. pemerintah memberikan beasiswa kepada siswa dari keluarga kurang mampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: tingkat prestasi belajar siswa penerima beasiswa dan non penerima beasiswa PIP dan perbedaan prestasi belajar antara siswa penerima beasiswa dengan non beasiswa PIP pada jurusan AkuntansiĀ SMK Negeri 09 Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi 216 siswa kelas XI dan XII, dan sampel 35 siswa penerima beasiswa dan 45 siswa non bea siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan wawancara. Data terkumpul dianalisis menggunakan teknik Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan: tingkat prestasi belajar siswa penerima beasiswa 74,3% berada pada kategori sangat tinggi. Tingkat prestasi belajar siswa non penerima beasiswa 93,3% berada pada kategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis diperoleh koeffisien T= -3,459 dengan nilai signifkansi 0,001 < 0,05 artinya: terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa penerima beasiswa dan non penerima beasiswa pada Jurusan Akuntansi SMK Negeri 09 Semarang.
Downloads
References
Ahmadi, Abu. 1995. Pengeilolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Andi, Setiawan, 2017, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Penerbit: Andi
Depdiknas. 2003. Undang - Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Erni, Muniarsih,. 2009. Buku Pintar Beasiswa: Panduan Komplet Meraih Beasiswa di Dalam maupun Luar Negeri. Yogyakarta: Gagas Media
Gafur. 2008. Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa. Jakarta: Peneibar Plus
Hasbullah, 2012, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta; Raja Grafindo Persada
Kemendikbud, 2010, Peraturan Menteri. Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 30 Tahun 2010 Tentang Pemberian Bantuan Biaya Pendidikan. Jakarta
Kemendikbud, 2014. PIP - Program Indonesia Pintar. https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1.
Lahinta, Agus, 2009. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Mikha WidiyantoAgus, 2013. Statistika Terapan : Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rejeki. Novianti, 2022. Studi Literatur Pengaruh Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Web: E-journal UNESA. Vol 07 No. 1, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/49145.
Rendra Budi, Hutama, 2020. Pengertian Beasiswa Manfaat Hingga Jenisnya. Quipper BLOG. https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/scholarship/n-pengertian-beasiswa/.
Rini, Anggraini, 2023. Bijak Dalam Menggunakan Dana PIP! Pelajar Dan Orangtua Harus Tahu Berikut Ini Kegunaan Dari Dana PIP. Weib: klikpeindidikan.id
Saifullah Syafii, 2011. Effect of Socioeconomic Status On Students Achievement. Journal of Social Sciences and Education. Universitas Lampung.
Silvi, Retnaningtyas, Perbedaan Motivasi Belajar Dan Prestasi Akademik Antara Mahasiswa Bidikmisi dan Reguler di Fakultas Ilmu Pendidikan. Portal Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang. Vol 2 no 3. https://journal2.um.ac.id/indeix.php/jmsp/articlei/vieiw/4668.
Syaiful Bahri, Djamarah, 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tisyrin. 2022. Ini Dia Jenis-jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaan. ITEBA. :https://iteba.ac.id/blog/jenis-jenis-beasiswa/.